Disparekraf DKI: The Garrison Beda Manajemen dengan Holywings Kemang

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 13 Des 2021 19:43 WIB
Satpol PP DKI menutup sementara Holywings Kemang (dok. Instagram Satpol PP DKI)
Satpol PP DKI saat menutup sementara Holywings Kemang karena pelanggaran PPKM. (dok. Instagram Satpol PP DKI)
Jakarta -

Pengguna media sosial (medsos) ramai menyoroti Holywings di Kemang, Jakarta Selatan, buka lagi dengan nama baru 'The Garrison'. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengatakan manajemen The Garrison berbeda dengan Holywings Kemang.

"Berubah pengurus, itu (The Garrison) bukan didirikan sama pendiri Holywings lagi. (Beda manajemen) betul," kata Kepala Seksi Pengawasan Disparekraf DKI Jakarta Iffan saat dihubungi, Senin (13/12/2021).

Iffan membantah pihaknya mengeluarkan izin The Garrison. Iffan mengatakan Disparekraf hanya diundang untuk rapat membahas pembukaan The Garrison dengan Satpol PP.

"Kami tidak mengeluarkan perizinan, BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) melalui OSS (Online Single Submission). Kita diundang Satpol PP bahwa perizinannya sudah berubah dan sudah berganti nama, karena sudah berganti nama, surat perizinannya sudah dimiliki ya mereka boleh, gitu loh," ujarnya.

Iffan tidak menjelaskan apa saja yang dibahas dalam rapat bersama Satpol PP. Dia menjelaskan izin usaha Holywings Kemang sudah berubah sehingga tidak ada masalah dengan The Garrison.

"Penjelasan (rapat) ke Pak Arifin (Kasatpol PP). Kalau kita kan masuknya berdasarkan izin yang dimiliki, memang sudah berubah nama dan berubah ganti nama ya. Kalau izinnya sudah berubah, ya kami sudah mendapatkan legalitas, oke-oke saja," ucapnya.

Dalam unggahan di media sosial Instagram yang viral itu dituliskan jika Holywings di Kemang, Jaksel, buka kembali. Holywings Kemang disebut buka dan berganti nama menjadi The Garrison Kemang.

"Holywings Kemang -> Garrison Kemang, semalem udah buka dong! Seru banget live musicnya," tulis unggahan dalam foto yang menampilkan tampak depan The Garrison di akun media sosial Instagram seperti dilihat detikcom, Senin (13/12/2021).

Penjelasan Satpol PP

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan kepemilikan perizinan usaha Holywings Kemang sudah dipindahkan ke The Garrison. Dia mengatakan Holywings hanya menyewa tempat. Sementara secara aturan, perpindahan perizinan usaha diperbolehkan.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.