Sosok Ovelina, Disogok Rachel Vennya Rp 40 Juta Bantu Kabur dari Karantina

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 14:23 WIB
Terdakwa Rachel Vennya bersama kekasihnya Salim Nauderer saat menjalani sidang perdana terkait pelanggaran karantina di Pengadilan Negeri Tangerang, Tangerang, Jumat, (10/12).
Rachel Vennya dan Salim Nauderer (Palevi/detikcom)
Jakarta -

Dalam persidangan, selebgram Rachel Vennya mengaku membayar Rp 40 juta kepada Ovelina Pratiwi untuk membantu kabur karantina. Ovelina diketahui merupakan petugas protokoler.

"Pekerjaannya (Ovelina) di bandara dia. Bukan petugas bandara dia, kayak protokol atau apanya itu, ya," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (11/12/2021).

Tubagus mengatakan Ovelina juga sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kabur karantina Rachel Venya. Dia menyebut Ovelina berperan membantu Rachel Vennya beserta pasangannya Salim Nauderer dan manajer Maulida Khairunnisa kabur karantina.

"Dia yang ikut membantu (kabur karantina), kan ada dua berkas perkaranya. Yang jelas, ada dua tersangka di samping Rachel Vennya itu. Ada empat tersangkanya. Yang jelas Rachel Vennya dan pasangannya, satu lagi manajernya dan yang bantu ya, si OP kalau nggak salah," ujarnya.

Tubagus menjelaskan berkas perkara Ovelina dan Rachel Vennya terpisah dan sudah dilimpahkan tahap II ke kejaksaan. Ovelina juga disangkakan pasal yang sama dengan Rachel Vennya, namun ditambah dengan satu pasal sangkaan, yakni turut serta.

"Dua berkas (Ovelina) ditambahkan (Pasal) 55, turut membantu. Ada dua berkas, saya lupa kalau detailnya. (Berkas perkara) udah semuanya, udah tahap II semua," imbuhnya.


Sosok Ovelina Terungkap di Persidangan


Sebelumnya, dalam sidang pembacaan dakwaan Jumat (10/12), ternyata ada empat terdakwa, yakni Rachel, Salim Nauderer, Maulida Khairunnisa, dan Ovelina Pratiwi. Dalam dakwaan jaksa, tidak disebutkan sosok Ovelina.

Namun, saat penyidikan, Ovelina Pratiwi atau OP itu disebut sebagai protokoler Bandara Soekarno-Hatta. Ovelina ini sama-sama terdakwa dalam kasus ini.

Dalam dakwaan terungkap Ovelina membantu Rachel Vennya dkk kabur dari karantina. Rachel dan Ovelina berkomunikasi sejak Rachel masih di Amerika Serikat (AS).

"Bahwa Terdakwa Ovelina diminta tolong membantu kedatangan Saudara Terdakwa Rachel Vennya yang dalam hal ini dilakukan penuntutan secara terpisah, bersama dengan dua orang lainnya, yakni Terdakwa Salim Nauderer dan Terdakwa Maulida kembali ke Tanah Air setelah dari Amerika Serikat dengan menggunakan pesawat," kata jaksa saat membaca surat dakwaan.

Jaksa mengatakan, sebelum tiba di Indonesia, Rachel sudah berkomunikasi dengan Ovelina Pratiwi. Rachel mengabarkan jadwal kepulangannya. Menurut jaksa, Ovelina ini berperan sebagai 'pengatur' kepulangan Rachel hingga tidak menjalani karantina.

"Ketika mau landing, Rachel Vennya kemudian memberikan chat WA 'Mbak, saya landing'. Kemudian informasi tersebut Terdakwa Ovelina sampaikan kepada Saksi Eko Periadi, lalu menghubungi Saksi Jarkasih, lalu Saksi menghubungi petugas yang ada di bandara, yaitu Satria, untuk menjemput Saksi Rachel, Salim, dan Maulida," papar jaksa.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....

Saksikan Video 'Rachel Vennya Bayar Rp 40 Juta untuk Kabur dari Karantina':

[Gambas:Video 20detik]