Fakta-fakta di Sidang Kilat Rachel Vennya dan Munculnya Nama Ovelina

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 11:15 WIB
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya divonis 4 bulan penjara dengan masa percobaan 8 bulan, dan tidak ditahan. Berikut fakta-fakta tentang persidangan Rachel Vennya.

Dirangkum detikcom, Sabtu (11/12/2021), ada 5 fakta yang terungkap di persidangan Rachel Vennya. Apa saja?

1. Selain Rachel dkk, Ada Nama Ovelina Pratiwi

Dalam sidang pembacaan dakwaan Jumat (10/12), ternyata ada empat terdakwa, yakni Rachel, Salim Nauderer, Maulida Khairunnisa, dan Ovelina Pratiwi. Dalam dakwaan jaksa, tidak disebutkan sosok Ovelina.

Namun, saat penyidikan, Ovelina Pratiwi atau OP itu disebut sebagai protokoler Bandara Soekarno-Hatta. Ovelina ini sama-sama terdakwa dalam kasus ini.

Dalam dakwaan terungkap Ovelina membantu Rachel Vennya dkk kabur dari karantina. Rachel dan Ovelina berkomunikasi sejak Rachel masih di Amerika Serikat (AS).

"Bahwa Terdakwa Ovelina diminta tolong membantu kedatangan Saudara Terdakwa Rachel Vennya yang dalam hal ini dilakukan penuntutan secara terpisah, bersama dengan dua orang lainnya, yakni Terdakwa Salim Nauderer dan Terdakwa Maulida kembali ke Tanah Air setelah dari Amerika Serikat dengan menggunakan pesawat," kata jaksa saat membaca surat dakwaan.

Jaksa mengatakan, sebelum tiba di Indonesia, Rachel sudah berkomunikasi dengan Ovelina Pratiwi. Rachel mengabarkan jadwal kepulangannya. Menurut jaksa, Ovelina ini berperan sebagai 'pengatur' kepulangan Rachel hingga tidak menjalani karantina.

"Ketika mau landing, Rachel Vennya kemudian memberikan chat WA 'Mbak, saya landing'. Kemudian informasi tersebut Terdakwa Ovelina sampaikan kepada Saksi Eko Periadi, lalu menghubungi Saksi Jarkasih, lalu Saksi menghubungi petugas yang ada di bandara, yaitu Satria, untuk menjemput Saksi Rachel, Salim, dan Maulida," papar jaksa.

2. Rachel Tak Nyaman Jika Karantina

Rachel Vennya mengungkapkan alasan dia tidak mau dikarantina sepulang dari AS. Rachel mengaku tidak nyaman.

"Sebelumnya, saya pernah karantina dan saya nggak, nggak nyaman, itu saja," jawab Rachel dalam persidangan.

Rachel mengaku pernah menjalani karantina sepulang dari Dubai. Dia merasa tidak nyaman karantina setelah pergi dari luar negeri.

"Sebelumnya, karantina pulang dari Dubai lima hari," ungkap Rachel.

Hakim penasaran soal desas-desus Rachel Vennya sempat karantina di Wisma Atlet. Hakim ingin ada penjelasan dari Rachel.

"Setelah sampai di Wisma, ini kan saya bertanya-tanya kalau di pemerintahan kan Saudara sempat beberapa hari di sana, Saudara sempat sampai Wisma atau tidak?" kata hakim

"Saya di Wisma, lalu saya dari bus saya sampai ke Wisma Atlet, saya tidak sampai ke kamar, saya langsung pulang," ungkap Rachel.

Rachel mengaku tidak registrasi di Wisma Atlet. Dia hanya berada di bus Damri untuk kemudian dijemput oleh seseorang.

"Keluar dari Damri, siapa yang menjemput Saudara," tanya hakim.

"TNI, tapi nggak tahu siapa," ujar Rachel.