Jalan Berbeda Eks Pegawai KPK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 21:09 WIB
Sebanyak 52 eks pegawai KPK mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri hari ini. Novel Baswedan ikut serta ikut sosialisasi.
Mantan Pegawai KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Para mantan pegawai KPK ternyata mengambil jalan yang berbeda. Sebanyak 44 mantan pegawai KPK dinyatakan diterima oleh Polri untuk menjadi ASN sedangkan 12 mantan pegawai KPK lainnya memutuskan untuk tidak bergabung.

"Ya 44 sudah oke semua. Yang tidak bersedia 12," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Dari 12 orang itu, ternyata awalnya ada empat orang mantan pegawai KPK yang belum terkonfirmasi untuk bergabung menjadi ASN Polri. Delapan orang sebelumnya sudah lebih dulu menyatakan menolak.

Sementara 44 orang yang memutuskan bergabung bakal mengikuti uji kompetensi menjadi ASN Polri. Uji kompetensi tersebut bertujuan memetakan kemampuan Novel Baswedan dkk untuk nantinya ditempatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Hanya mapping. Sesuai kompetensi untuk ditempatkan pada ruang jabatan yang sudah disiapkan. Nggak ada (untuk menentukan lulus atau tidak)," ujar Dedi.

Novel Baswedan dkk Tetap Ingin Kembali ke KPK

Meski sudah diterima oleh Polri, ke-44 mantan pegawai KPK ini ternyata mempunyai keinginan. Mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan, dan kawan-kawan berharap diterimanya jadi ASN Polri bisa membuka jalan kembali bekerja di KPK.

"Saya yakin ketika sekarang pegawai KPK adalah ASN tentunya dengan memilih menjadi ASN Polri, pada dasarnya suatu saat saya berkeinginan dan kawan-kawan yang punya semangat dan kompetensi keahlian yang benar-benar luar biasa serta memiliki integritas yang tinggi yang selama ini telah ditunjukkan pada saat tertentu bisa kembali ke KPK," kata Novel seusai uji kompetensi menjadi ASN Polri di Mabes Polri, Selasa (7/12).

Tak hanya Novel Baswedan, mantan Ketua Wadah Pegawai Penyidik KPK, Yudi Purnomo, berharap hal yang sama. Dia ingin bisa kembali ke KPK dan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap KPK.

"Kalau saya pribadi bahwa pertama saya masih yakin bahwa saya bisa kembali ke KPK untuk bisa kembali membangun kepercayaan masyarakat kepada KPK," ujar Yudi.

Simak selengkapnya tugas para mantan pegawai KPK usai diterima Polri di halaman berikutnya.