11 Fakta Erupsi Gunung Semeru Sejauh Ini

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 20:04 WIB
Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)
Foto: Erupsi Semeru, 4 Desember 2021. (Dok Humas BNPB)

8. Khofifah Akan ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Gunung Semeru di Lumajang mengalami erupsi pada Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan meninjau lokasi malam ini.

"Saya sekitar pukul 15.30 WIB mendapatkan kiriman video dari Bupati Lumajang, BPBD, dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat. Insyaallah malam ini saya ke lokasi," ujar Khofifah dalam keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Khofifah membeberkan tim dari BPBD Jatim sudah menuju ke Lumajang. Pihak BPBD Jatim akan turun untuk mengevakuasi warga, juga memberi bantuan untuk masa darurat.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," kata Khofifah.


9. Suasana Erupsi Semeru: Awan Panas Menutup Langit, Anak Kecil Berlarian

Gunung Semeru mengalami erupsi. Awan panas dari gunung membubung tinggi menutup langit. Begini suasana kepanikan warga lereng Semeru.

Berdasarkan siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (4/12/2021), guguran awan panas berdampak ke masyarakat di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Kabupaten ini terletak di lereng sebelah tenggara Semeru.

Humas BNPB mengirimkan sejumlah video yang merekam suasana erupsi di lereng Semeru. Dalam suasana gerimis, terlihat di jalur lahar, seorang pria bermantel biru memantau dari dekat banjir lahar yang mendekat ke arahnya. Lahar itu berwarna cokelat berasap, mengalir semakin dekat bak menggantikan air di sungai.

Di video berikutnya, terlihat awan panas semakin meninggi dari arah gunung. Gadis kecil berkerudung biru berlari terbirit-birit di aspal desa. Di belakangnya, ada bocah yang masih menggendong tas ransel sambil memegang buku berlari sesekali menengok ke belakangnya. Di belakangnya, ada banyak lagi anak kecil yang keluar dari bangunan.

Di video yang lain, awan panas tampak sangat dekat dengan perekam yang ada di jalan dekat rerumputan hijau. Awan dari erupsi Semeru seolah seperti dinding raksasa yang menutupi langit, sangat besar

"Waduh, sampai kayak gini lho. Gak ketok embonge wis (tidak terlihat jalannya, sudah)," kata perekam video.