detik's Advocate

Bagaimana Cara Balik Nama Rumah Warisan Ortu ke Nama Saya?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 08:23 WIB
Putra Sianipar
Putra Sianipar (dok.pri)

Salam,

Sehubungan dengan pertanyaan Saudara mengenai peralihan sertifikat rumah milik almarhum orang tua kepada ahli waris yang salah satunya adalah Saudara dapat kami terangkan sebagai berikut:

Sebelumnya akan kami asumsikan bahwa Saudara dan kakak beradik Saudara adalah anak kandung dari orang tua anda dan tidak ada lagi ahli waris lain. Perlu diingat bahwa harta warisan berupa sertifikat rumah milik tersebut adalah hak Saudara dan kakak beradik Saudara. Dalam hal ini apabila kakak beradik Saudara telah meninggal maka hak tersebut jatuh ke ahli warisnya.

Terkait pertanyaan Saudara yang harus Saudara lakukan adalah mengurus Surat Keterangan Ahli Waris dari Kelurahan yang menerangkan bahwa Saudara dan Keturunan kakak beradik Saudara adalah ahli waris yang sah dari orang tua Saudara.

Kemudian berdasarkan surat keterangan tersebut dan dokumen-dokumen pendukung lainnya Saudara harus mengurus Penetapan Ahli Waris yang menetapkan bahwa Saudara dan keturunan kakak beradik Saudara adalah ahli waris sah menurut hukum dari orang tua Saudara. Penetapan Ahli Waris ini dikeluarkan oleh kelurahan.

Berdasarkan penetapan tersebut Saudara dapat melanjutkan ke proses turun waris dan mengubah nama sertifikat dari orang tua anda menjadi nama para ahli waris.

Untuk mengubah itu, Anda bisa menghubungi kantor notaris terdekat dengan menyiapkan berkas:

Syarat tersebut di antaranya:

1. Asli Sertipikat
2. SPPT PBB terakhir
3. KTP istri/suami
4.Surat Penetapan Ahli Waris
5. Kartu Keluarga
6. Surat Nikah
7. KTP dan KK anak
8. Akta kelahiran anak
9. Surat kematian
10. Surat Keterangan Waris
11. KTP KK ahli waris

Untuk biaya notaris, bisa dikonsultasikan ke notaris terkait.

Terima kasih

Salam

Putra Tegar Sianipar, S.H., LL.M.

(Advokat)
Gedung Jaya lt 9
Jl MH Thamrin
Menteng, Jakarta Pusat