Komisi II Bakal Bahas Jadwal Pemilu 2024 Tahun Depan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 18:01 WIB
akil Ketua Umum DPP Partai Golkar yang, Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia (Foto: Dok. Golkar)
Jakarta -

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan pihaknya masih membahas bersama Kemendagri hingga KPU dan Bawaslu berkaitan dengan kepastian tanggal Pemilu 2024. Doli menyebut nasib jadwal Pemilu 2024 baru akan ditetapkan pada 2022.

"Gini, DPR ini kan punya agenda sendiri dan mandiri. Kami punya perencanaan sendiri, kapan kami rapat, kapan kami mau memutuskan sesuatu, jadi nggak bisa diintervensi dengan institusi yang lain," kata Doli saat dihubungi, Kamis (2/12/2021).

Doli memastikan nasib Pemilu 2024 belum akan ditentukan pada 7 Desember mendatang. Dia meminta semua pihak menghormati agenda yang ditetapkan oleh DPR.

"Nggak bisa diintervensi dengan institusi yang lain, harus tanggal 7 (Desember), maunya begini. Jadi tolong hormati DPR, jadi nggak bisa didikte harus tanggal 7 (Desember), jadi DPR ini adalah lembaga negara yang punya agenda sendiri, yang punya perencanaan sendiri," ucapnya.

Lantas, kapan Komisi II DPR bakal membahas kembali pelaksanaan Pemilu 2024? Doli menyebut baru akan menggelar raker bersama Mendagri dan penyelenggara Pemilu setelah masa reses DPR atau Januari 2022.

"Nah kami di Komisi II, tadi kami baru rapat dan merencanakan nanti akan menggelar raker Komisi II dengan Mendagri dengan seluruh penyelenggara pemilu nanti masa sidang setelah reses," ujarnya.

Dia menyebut pembicaraan ini ditunda hingga setelah reses agar semuanya bisa lebih matang. "Tahun depan, supaya lebih matang," imbuhnya.

(maa/fas)