Jadi Jaksa Gadungan demi Nikah Siri, Pria di Riau Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:40 WIB
Jaksa gadungan ditangkap di Riau (dok. Istimewa)
Jaksa gadungan ditangkap di Riau (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Jaksa gadungan berinisial HB (46) ditangkap tim gabungan kepolisian dan kejaksaan di Bengkalis, Riau. HB ditangkap setelah menikahi seorang wanita secara siri dengan mengaku sebagai jaksa di Kejaksaan Agung RI.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau, Raharjo, mengatakan HB ditangkap pada Selasa (30/11/2021) siang. HB ditangkap di Pulau Rupat, Bengkalis.

"Benar, Kejari dan Polres Bengkalis telah menangkap seorang jaksa gadungan di Jalan Pelajar, Dusun II Pangkalan Nyirih, Rupat," ujar Raharjo.

Raharjo mengatakan istri siri HB sempat bertanya mengapa HB tak pernah ke kantor. HB, yang mengaku berdinas di Kejagung, menyebut dirinya tak pernah ke kantor karena pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah.

"HB mengaku sebagai jaksa yang bertugas di Pidana Khusus. Modusnya bisa membantu masyarakat, khusus warga di Rupat, untuk ngurus kepentingan perkara," kata Raharjo.

HB juga diduga membeli atribut kejaksaan secara online, termasuk, katanya, baju Ikatan Adhyaksa Dharmakarini untuk istri siri, IS.

"HBU ini membeli atribut lengkap Adhyaksa Dharmakarini dan atribut lengkapnya lewat online. Dia saat ini telah diamankan, dalam perjalanan menuju Bengkalis," kata Raharjo.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan mengatakan HB masih diperiksa. Motif penipuan jaksa gadungan ini masih didalami lebih lanjut.

"Sekarang masih diperiksa di Polres. Jadi untuk motif, korban, apa saja yang sudah dilakukan masih didalami. Ini juga sudah jadi atensi Kejaksaan," katanya.

Polisi juga menyita satu set baju dinas, map berlogo Kejaksaan, notebook berlogo Kejaksaan, serta dokumen tentang SOP Kejaksaan RI.

(ras/haf)