Penikam Pedagang di Pajak Pringgan Medan Dituntut 6 Bulan Penjara

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 18:18 WIB
Close up of Hand with knife following young terrified man ,Bandit is holding a knife in hand. Threat Concept
Ilustrasi penikaman (Foto: Getty Images/iStockphoto/chingyunsong)
Medan -

Terdakwa kasus penikaman seorang pedagang di Medan yang kasusnya viral lantaran korban sempat jadi tersangka dituntut 6 bulan penjara. Terdakwa penikaman itu bernama Batya Sembiring.

"Dituntut dengan pidana penjara selama 6 bulan penjara dikurangi selama Terdakwa berada dalam tahanan," kata pejabat Humas PN Medan, Imanuel Tarigan, saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/11/2021).

Sidang tuntutan itu digelar pada Rabu (24/11). Terdakwa dinilai bersalah melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP.

"Menyatakan Terdakwa Batya Sembiring terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan luka berat," ucapnya menjelaskan isi tuntutan jaksa.


Dalam dakwaannya, jaksa menyebut kasus ini terjadi pada 9 Agustus 2021. Saat itu, korban bernama Budi Alan Sinulingga masuk ke dalam Pasar (Pajak) Pringgan, Medan Baru, menggunakan mobil. Tiba-tiba, teman Batya datang menghampiri korban dan meminta uang 'SPSI'.

Korban dan teman korban hanya diam saat ditagih uang. Rekan Batya kemudian memaki keduanya dan memukul kaca mobil korban.

Pedagang di lokasi meminta korban tidak meladeni rekan Batya. Singkat cerita, rekan Batya pergi dan memanggil terdakwa yang kemudian mendorong korban.

"Korban kembali mendorong Terdakwa sehingga mengakibatkan Terdakwa terjatuh. Setelah itu, Terdakwa langsung bangkit dan mengambil pisau yang sebelumnya Terdakwa simpan di pinggang Terdakwa, kemudian Terdakwa mengarahkan pisau tersebut ke arah saksi korban, namun dapat saksi korban tangkis dan mengenai pipi saksi korban, lalu Terdakwa kembali mengarahkan pisau tersebut ke arah dada sebelah kanan saksi korban," ujar jaksa.

Korban kemudian mengambil kunci roda dan memukul Batya. Perkelahian itu dipisahkan dan korban dilarikan ke rumah sakit.

Kasus Sempat Bikin Heboh

Kasus ini sempat bikin heboh karena korban penikaman yang dilakukan Batya juga ditetapkan sebagai tersangka. Polrestabes Medan kemudian turun tangan menuntaskan perkara ini.

Proses hukum terhadap Budi, yang merupakan korban penikaman, disetop. Selain itu, Kanit Reskrim Polsek Medan Baru juga dicopot gara-gara penetapan tersangka terhadap korban.

(haf/haf)