Mengenal Siklon Tropis Paddy Penyebab Angin Kencang Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 09:46 WIB

Angin Kencang di Jakarta

BMKG juga menjelaskan perihal angin kencang di Jakarta semalam. Berdasarkan analisa, angin kencang tersebut pengaruh tidak langsung dari Siklon Tropis Paddy.

"Dari hasil analisis dinamika atmosfer, dapat diidentifikasi bahwa fenomena angin kencang tersebut terjadi karena adanya aliran massa udara yang cukup kuat dari wilayah Samudera Hindia sebelah Barat Banten yang bertiup ke arah timur hingga di sekitar wilayah utara Tangerang dan Jakarta," tutur Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Guswanto mengatakan aliran massa udara yang cukup kuat tersebut dipicu secara tidak langsung oleh perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan sebagai dampak dari keberadaan pola tekanan rendah di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, termasuk adanya Siklon Tropis Paddy.

"Sistem siklon Paddy juga membentuk pola low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot (46 km/jam) yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga selatan Jawa Barat. Low Level Jet merupakan fenomena anomali angin kencang di sekitar lapisan troposfer, yang dampaknya secara tidak langsung terjadi Selasa petang kemarin," imbuhnya.

Menurut Guswanto, kejadian fenomena angin kencang ini diprediksikan akan berkurang dalam 24 jam ke depan seiring dengan melemahnya siklon tropis Paddy.


(mae/maa)