Di Balik Pengeroyokan Anggota FBR dan Pembakaran Posko PP

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 06:16 WIB
Posko Pemuda Pancasila di Kembangan, Jakbar yang sempat terbakar pada Senin (15/11/2021) dini hari
Posko Pemuda Pancasila di Kembangan, Jakbar dibakar sekelompok orang pada Senin (15/11/2021) dini hari (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pengeroyokan menewaskan anggota Forum Betawi Rempug (FBR) dan pembakaran posko Pemuda Pancasila (PP) di Kembangan, Jakarta Barat, terjadi dalam waktu yang berdekatan. Meski begitu, polisi membantah dua insiden tersebut adalah sebuah bentrok ormas.

Untuk diketahui pengeroyokan menewaskan anggota FBR berinisial DA (25) di Jl TPU Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, terjadi pada Minggu (14/11) malam. Di malam yang bersamaan, gardu FBR yang berjarak 10 meter dari TKP di mana DA dikeroyok, juga diserang sekelompok bermotor.

Di wilayah yang sama, tapi beda RT, seorang anggota Pemuda Pancasila juga terluka akibat pengeroyokan. Lalu kemudian pada Senin (15/11) dini hari, posko Pemuda Pancasila di Meruya Selatan, Kembangan, Jakbar, juga dibakar sekelompok orang.

Polisi Bantah Bentrok Ormas

Meski rentetan kejadian melibatkan dua ormas ini terjadi dalam waktu yang berdekatan, namun Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo membantah hal itu adalah sebuah bentrok ormas. Menurutnya, dua insiden tersebut adalah masalah individu yang tidak melibatkan ormas.

"Tidak ada bentrok. Tapi statemen saya, itu bukan organisasi. Bahwa itu kejadian pidana seperti biasa, tapi bukan konteks FBR Vs PP karena tidak ada atribut yang mereka gunakan," kata Kombes Ady saat dihubungi detikcom, Selasa (16/11).

"Karena kita tanya kepada kedua belah pihak tidak ada kontak ormas. Jadi person per person, bukan organisasi, tapi individu," lanjutnya.

Meski kemudian terjadi perusakan terhadap posko yang menjadi simbol ormas, menurut Ady hal itu hanyalah dampak dari keributan antar-individu.

"Bisa jadi itu dampak, tapi case sebenarnya kita nggak melihat itu antarormas, tapi antarindividu. Kalau terkait itu (ada perusakan posko ormas), itu adalah dampak tambahan yang kebetulan," katanya.


Baca di halaman selanjutnya: pimpinan ormas sebut tidak ada masalah

Lihat juga Video: Heboh! Mahasiswa Demo Papua Merdeka di Makassar Dibubarkan Ormas

[Gambas:Video 20detik]