Urusan Mediasi Haris-Fatia Batal Bikin Luhut Pilih Langsung Pengadilan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 08:26 WIB
Menko Marves Luhut Pandjaitan hadiri mediasi di Polda Metro Jaya
Menko Marves Luhut Pandjaitan menghadiri mediasi di Polda Metro Jaya (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Upaya mediasi antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Haris Azhar serta Fatia Maulidiyanti mengalami kebuntuan. Setelah upaya mediasi gagal, Luhut menyatakan kasus pencemaran nama baik yang ia laporkan lebih baik diselesaikan di pengadilan.

Sedianya, Luhut dan Haris Azhar-Fatia bertemu untuk mediasi di Polda Metro Jaya, Senin (15/11) kemarin. Namun mediasi tersebut urung terlaksana lantaran Haris dan Fatia tidak hadir.

Upaya mediasi sudah diagendakan beberapa waktu sebelumnya. Pada kesempatan sebelumnya, Luhut tidak hadir karena sedang ada kegiatan dan agenda ke luar negeri.

Luhut Tutup Pintu Mediasi

Luhut menyatakan menutup pintu mediasi setelah Haris Azhar dan Fatia tidak hadir dalam agenda tersebut. Luhut akan melanjutkan perkara ini ke pengadilan.

"Tidak usah (mediasi lagi). Kalau dia salah, ya salah, kalau saya yang salah, ya salah, gitu aja. Kalau saya proses hukum terus berjalan, itu aja," ujar Luhut.

Akan Diselesaikan di Pengadilan

Luhut mengatakan, setelah mediasi hari ini gagal, pihaknya tidak akan melakukan proses mediasi lagi di kemudian hari terkait laporannya kepada Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Dia menegaskan akan membawa kasus ini hingga ranah meja hijau.

"Kalau proses (mediasi), ya, sudah selesai. Saya pikir lebih bagus ketemu di pengadilan aja saya bilang," katanya.

Menurut Luhut, pihaknya meminta kasus ini segera diproses hingga pengadilan. Lewat putusan pengadilan itu nantinya akan menentukan siapa yang bersalah.

"Sekali-kali belajarlah kita ini. Kalau berani berbuat berani tanggung jawab," ujar Luhut.

Simak penjelasan Fatia di halaman selanjutnya.

Simak Video: Luhut Segera Layangkan Gugatan Perdata Rp 100 Miliar ke Haris-Fatia

[Gambas:Video 20detik]