Jubir Luhut Soroti Alasan Fatia Tak Hadir Mediasi: Nggak Usah Drama!

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 07:14 WIB
Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi
Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)
Jakarta -

Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti menjelaskan dirinya bersama Haris Azhar tidak menghadiri undangan untuk mediasi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar pandjaitan di Polda Metro Jaya lantaran ada kegiatan di luar kota yang tidak bisa ditinggalkan. Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi menyayangkan sikap Fatia dan Haris Azhar lantaran setahu dia semua pihak akan hadir mediasi.

"Ya kami sih mengikut undangan saja. setahu kami semua akan hadir (mediasi) hari ini," kata Jodi Mahardi, saat dihubungi, Senin (15/11/2021).

Namun Jodi meyebut Luhut tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Fatia dan Haris Azhar. Dia meminta agar keduanya pun mengikuti mekanisme hukum yang ada.

"Kita ikuti saja semua mekanisme hukumnya supaya semua clear. Nggak perlu ngeles-ngeles drama dan cari perhatian internasional lah," ucapnya.

Dia juga memastikan Luhut siap jika selanjutnya akan langsung dilanjutkan ke proses peradilan. "Siap banget," imbuhnya.

Luhut Binsar Pandjaitan diketahui melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya pada September 2021. Luhut melaporkan keduanya atas dugaan pencemaran nama baik.

Laporan itu berawal dari konten YouTube Haris Azhar yang menuding Luhut memiliki proyek dalam bisnis tambang di Papua. Ada tiga dugaan pelanggaran pidana yang dilaporkan Luhut hari ini ke polisi. Dugaan pelanggaran itu dari UU ITE hingga penyebaran berita bohong.

Laporan Luhut itu kini telah diterima pihak Polda Metro Jaya. Laporannya teregister dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.

Polisi awalnya telah menjadwalkan mediasi kepada pelapor dan terlapor. Terhitung telah tiga kali mediasi direncanakan.

Mediasi itu mulai dari tanggal Kamis (21/10) dan Jumat (1/11) hingga hari ini (15/11). Namun, mediasi itu urung berjalan kalau salah satu pihak selalu tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Tonton juga Video: Polisi Tolak Laporan Aktivis ProDEM soal Dugaan Bisnis PCR Luhut-Erick

[Gambas:Video 20detik]



(maa/lir)