Pemkot Jakbar Koordinasi ke BBWSCC soal Normalisasi Kali Pesanggrahan

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 21:19 WIB
Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko,
Yani Wahyu Purwoko (Foto: dok. Istimewa)

Wawan mencontohkan beberapa genangan yang terjadi, seperti di Green Garden dan Jalan Haji Briti, Kebon Jeruk. Dia menyebutkan genangan dan banjir tersebut berasal dari luapan Kali Pesanggrahan.

"Karena itu dekat kali pesanggrahan. Iya, emang semua kali pesanggrahan yang kemarin banjir genangan itu dari Kali Pesanggrahan," kata Wawan.

Menurutnya, luapan air dari Katulampa (Bogor) begitu tinggi, sehingga air cepat meluap. Kondisi itu diperparah oleh belum maksimalnya normalisasi bantaran kali.

"Kalau kali pesanggrahan ya kalau memang itu meluap ya mau nggak mau (meluap), karena kan hampir sebagian kali pesanggrahan itu belum di-sheet pile. Belum dinormalisasi," jelasnya.

"(Kali) masih alami. Jadi kalau ada daerah-daerah yang mungkin sejajar dengan kali pasti akan meluap. Pasti akan masuk ke situ (saluran-saluran) itu," sambungnya.

Kini pihaknya tengah membangun tanggul sementara di tiga titik aliran Kali Pesanggrahan guna menahan air agar tidak meluap. Nantinya tanggul sementara tersebut diharapkan agar air dapat tertahan sehingga tidak mudah masuk ke permukiman penduduk.

"Kita bangun tanggul sementara di tiga titik aliran yang banjir kemarin. Tiga titik itu ada di Kecamatan Kebon Jeruk semua," kata dia.


(ain/lir)