Antisipasi Banjir, Walkot Jakbar Minta Waduk Diperbaiki-Bersihkan Saluran Air

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 11:12 WIB
Pemkot Jakarta Barat menggelar apel kesiapsiagaan banjir.
Pemkot Jakarta Barat menggelar apel kesiapsiagaan banjir. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemkot Jakarta Barat menggelar apel kesiapsiagaan banjir. Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko meminta ada perbaikan waduk untuk mencegah banjir.

"Memasuki wilayah Jakarta Barat, di antaranya Kali Mookevart, Banjir Kanal Barat, Kali Angke, Kali Anak Angke, Kali Sekretaris, Kali Apuran, Kali Semongor, semuanya itu dilalui melalui Jakarta Barat. Kemudian secara geografis bahwa Jakarta Barar ini berada di bawah permukaan laut," kata Yani dalam sambutannya di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (15/11/2021).

Dia meminta perhatian khusus terutama Sudin Sumber Daya Air (SDA) untuk melakukan percepatan saluran air di wilayah Jakarta Barat. Diharapkan langkah itu dapat meminimalisasi terjadinya banjir.

"Saya minta kepada seluruh jajaran, saya mengharapkan kepada seluruh jajaran terutama kepada seluruh jajaran terkait terutama Sudis Tata Air agar melakukan percepatan saluran," kata Yani.

Kemudian dia juga meminta SDA melakukan perbaikan embung dan waduk. Termasuk menyiapkan pompa statis dan pompa portabel dalam rangka kesiapan untuk memastikan aliran-aliran air dalam keadaan normal.

"Pompa statis dan pompa portabel dipersiapkan sedini mungkin dalam rangka kesiapan kita untuk memastikan seluruh aliran-alliran barat dalam keadaan normal," kata Yani.

Adapun Yani meminta UPK Badan Air memaksimalkan membersihkan sampah di saluran-saluran lingkungan. Dia berharap pasukan kuning dipersiapkan menghadapi banjir.

"Saya harapkan seluruh pasukan kuning untuk membersihkan saluran air sehingga berfungsi dengan baik," ungkapnya.

"Kemudian selanjutnya kepada Suku Dinas Kehutanan Dan Pertamanan untuk melakukan hal-hal seperti Sudin Tata Air. Misalnya melakukan biosfail sehingga tidak ada genangan-genangan di jalan sehingga seluruh air masuk ke taman taman. Dibuat juga cekungan di median jalan, bila memungkinkan segara dilakukan biosfail," jelasnya.

Dalam apel pagi ini, hadir pula Dandim 05/03 Jakarta Barat Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki. Selain itu, peserta apel pagi ini terdiri dari anggota TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, PPSU, Sudis Sodial, PMI, Binamarga, SDA, Kesehatan dan Lingkungan, Kehutanan dan Ormas.

(ain/idn)