Terungkap! Azis Syamsuddin-Aliza Gunado Setor Rp 3,15 M ke AKP Robin

Zunita Putri - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 21:18 WIB
Maskur Husain saat sidang di Pengadilan Tipikor, Jakpus
Sidang Maskur Husain di PN Tipikor. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa kasus suap eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin, Maksur Husain, mengaku menerima uang dari Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado terkait perkara Lampung Tengah. Maskur mengaku menerima uang Rp 2,3 miliar dan USD 36 ribu bersama AKP Robin Pattuju.

Hal itu disampaikan Maskur saat bersaksi untuk AKP Robin di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (15/11/2021). Maskur mengaku tahu perkara Azis dari Robin, saat itu Maksur dihubungi oleh Robin dan diminta mengawal perkara Lampung Tengah yang menyeret Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado.

Jaksa kemudian mengungkapkan berita acara pemeriksaan (BAP) Maskur meminta uang muka. Dalam BAP itu, Maskur meminta uang Rp 300 juta masing-masing ke Azis dan Aliza.

"Bap 41: Dapat saya jelaskan bahwa benar penanganan perkara yang menyeret nama Azis dan Aliza Guando, saya dan Robin meminta Azis dan Aliza harus memberikan DP masing-masing Rp 300 juta dari komitmen fee Rp 2 miliar?" tanya jaksa KPK dan diamini Maskur.

Setelah ada kesepakatan itu, Maskur menerima Rp 200 juta. Sedangkan sisanya, Rp 100 juta, untuk Robin.

"Di BAP Saudara: Perlu saya pastikan saya tidak tahu apakah Rp 100 juta sudah diterima Robin apa belum, namun Robin ada sampaikan 'sa punya su dibuka' (saya punya sudah dibuka)," ungkap jaksa dan dijawab Maskur 'iya benar'.

Maskur mengatakan terjadi kesepakatan pembayaran Rp 2 miliar, Aliza dan Azis masing-masing diminta memberikan uang Rp 2 miliar. Uang itu nantinya akan dibagi dua dengan AKP Robin. Azis, kata Maskur, menyanggupi itu.

Uang itu diberikan Azis Syamsuddin melalui Robin secara bertahap, berikut salah satu rinciannya:

- Agustus terima USD 36 ribu ditukar rupiah menjadi Rp 300 juta sampai Rp 400 juta
- Menerima Rp 1 miliar cash di dalam ransel diserahkan Robin
- Menerima uang Rp 800 juta dari Azis yang diberikan Robin

"Total menerima dari Aliza Gunado maupun dari Azis total berapa?" tanya jaksa KPK.

"Sebagaimana dijelaskan di BAP saja, saya lupa," kata Maskur.

"Di BAP saksi nomor 74 totalnya: Sehingga total dari Azis dan atau Aliza dari kesepakatan Rp 2 miliar, menurut catatan Robin hanya terima dari Azis Rp1,75 miliar, dari Aliza Rp 1,4 miliar. Totalnya Rp 3,15 miliar benar?" tanya jaksa lagi.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'KPK Terus Usut Peran Azis Syamsuddin dalam DAK Lampung Tengah':

[Gambas:Video 20detik]