Maskur Husain: Lili Pintauli Bocorkan Suap Jual Beli Jabatan Tanjungbalai

Zunita Putri - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 20:09 WIB
Maskur Husain saat sidang di Pengadilan Tipikor, Jakpus
Maskur Husain saat sidang (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa kasus suap mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju, Maskur Husain, menyebut Wakil Ketua KPK Lili Pintauli membocorkan perkara jual-beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai. Maskur Husain mengatakan bocornya perkara tersebut dari AKP Robin.

Awalnya, jaksa KPK bertanya ke Maskur Husain terkait kasus Walkot Tanjungbalai nonaktif M Syahrial. Maskur mengaku tidak tahu sama sekali. Dia mengaku tahu informasi itu dari mantan penyidik KPK AKP Robin.

Maskur juga mengatakan bahwa kasus jual-beli jabatan itu bocor setelah Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menghubungi M Syahrial sebagai pihak yang beperkara.

"Tahu dari terdakwa terus selain itu saya dengar langsung cerita dari Robin, bahwa ada seseorang hubungi, Komisioner KPK bernama Lili Pintauli bahwasanya infokan ke M Syahrial perkaranya sudah ada di mejanya. Itu cerita Robin ke saya," kata Maskur dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (15/11/2021).

"Yang jelas saya dengar kabar tersebut dari Saudara terdakwa (Robin) menceritakan bahwa semula perkara itu dibocorkan langsung oleh Lili Pintauli ke Syahrial, lalu Syahrial ceritakan itu ke Robin, lalu terdakwa Robin bertanya menceritakan lagi," imbuhnya.

Maskur menyebut saat itu, Lili meminta Syahrial menghubungi pengacara rekan Lili. Namun, Syahrial tetap menggunakan Maskur Husain.

"Bahwa (Syahrial) disuruh hubungi namanya Arief Aceh pengacara yang dikenal Bu Lili Pintauli, lalu Pak Robin sampaikan kira-kira nanti kita kena masalah apa nggak, saya jawab ke terdakwa kalau kita tangani perkara sesuai hukum acara kenapa harus takut, inikan perkaranya belum naik," katanya.

Sebelumnya, M Syahrial juga pernah bersaksi dalam sidang AKP Robin dan Maskru Husain. Syahrial mengaku pernah berhubungan dengan Lili. Saat itu Lili juga disebut memberi saran ke Syahrial terkait perkara jual-beli jabatan itu.

"Ada Lili kasih saran terkait masalah hukum Saudara?" tanya jaksa KPK saat itu.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: