Berkas Kasus Rachel Vennya Kabur Karantina Dilimpahkan ke Jaksa

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 13:34 WIB
Rachel Vennya dan Salim Nauderer di Polda Metro Jaya.
Rachel Vennya (Palevi/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Metro Jaya telah merampungkan pemberkasan kasus kabur karantina tersangka Rachel Vennya. Polisi juga telah mengirimkan berkas perkara itu ke jaksa.

"Iya betul, sudah dilimpahkan berkas tahap 1 ke Kejati Banten," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Berkas perkara tersebut telah dilimpahkan pada Jumat (12/11) lalu. Ada dua berkas perkara menyangkut Rachel Vennya yang dikirim ke jaksa penuntut umum (JPU).

Selain berkas Rachel Vennya, berkas perkara 3 tersangka lainnya dilimpahkan ke kejaksaan. Ketiganya ialah kekasih Rachel Salim Nauderer, manajernya Maulida Khairunnia dan seorang protokoler Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, berinisial OP.

Rachel Vennya dkk Tak Ditahan

Seperti diketahui, Rachel Vennya dan 3 orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka kasus kabur karantina. Ketiganya tidak ditahan polisi. Rachel Vennya dkk diperiksa sebagai tersangka kasus kabur karantina, Senin (8/11).

Seusia menjalani pemeriksaan, Rachel Vennya tidak ditahan polisi. Tidak ada pernyataan yang keluar dari mulut Rachel Vennya. Dia tetap bungkam saat ditanya wartawan.

"Minta doanya aja," singkat Rachel di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/11).

Status Tersangka

Rachel Vennya diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kabur karantina pada Rabu (3/11). Selain Rachel Vennya, manajer dan kekasihnya, Maulida Khairunnia dan Salim Nauderer, turut ditetapkan sebagai tersangka.

Polisi juga menetapkan seorang protokoler Bandara Soekarno-Hatta berinisial OP sebagai tersangka karena membantu Rachel Vennya kabur karantina. Rachel Vennya dijerat UU Karantina dalam kasus ini.

"Iya, Rachel, pacarnya, sama manajernya, sama satu lagi yang membantu ada orang sipil ditetapkan tersangka," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Rabu (3/11).

Rachel Vennya dkk memang tidak ditahan di kasus ini. Alasannya, karena ancaman hukumannya di bawah 1 tahun penjara.

Simak juga 'Rachel Vennya Bungkam Usai Diperiksa Sebagai Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)