Serba-serbi Keamanan Jokowi Lahap Tikungan Sirkuit Mandalika

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 05:35 WIB
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Foto: Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta -

Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaspal di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyisakan beragam cerita. Pengecekan prosedur standar keamanan dan hal-hal detail dipersiapkan secara matang.

Penjelasan Paspampres

Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo mengatakan, sebelum Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika, kegiatan didahului dengan pengecekan lintasan. Jokowi mengendarai motor balap itu seusai hujan dan aspal sudah mengering.

"Untuk aspek keamanan Bapak Presiden, sebelum kegiatan sudah kita dahului dengan pengecekan lintasan sirkuit dan alhamdulillah hujan sudah reda sehingga lintasan sudah mengering karena aspal yang digunakan juga yang terbaik di dunia, infonya demikian dari pengelola sirkuit tersebut," kata Mayjen Tri Budi kepada detikcom, Sabtu (13/11).

Tri mengatakan Paspampres sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pengelola sirkuit tentang layak tidaknya lintasan digunakan oleh Presiden Jokowi. Pengelola pun meyakinkan bahwa penggunaan sirkuit aman.

"Bapak Presiden juga dalam kondisi sangat baik. Motor yang dikendarai Bapak Presiden juga telah dicek, semua dalam keadaan baik, rem, ban, mesin, dan hal lainnya," ujarnya.

"Jadi semuanya telah melalui prosedur standar keamanan VVIP, dan semua dalam keadaan siap dan aman," sambung Mayjen Tri Budi menegaskan.

Simak video 'Kala Jokowi Jajal Tikungan Sirkuit Mandalika yang Katanya Tajam':

[Gambas:Video 20detik]