Jokowi Usai Jajal Sirkuit Mandalika: Banyak Tikungan Tajam, Sulit buat Saya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 14:33 WIB
Lombok Tengah -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kesannya setelah menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Apa katanya?

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Menurut Jokowi, trek Sirkuit Mandalika sangat sulit. Kendati demikian, Jokowi meyakini trek Sirkuit Mandalika mudah bagi pembalap profesional.

"Kalau untuk pembalap mungkin nggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkapnya.

Jokowi hari ini menjajal Sirkuit Mandalika menggunakan motor berwarna hijau 'RI 1'. Sebelum menjajal sirkuit, Jokowi terlebih dahulu meresmikan sirkuit yang akan digunakan untuk perlombaan balap kelas dunia.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan, yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi.

Resmikan Bypass Bandara Internasional Lombok-KEK Mandalika

Bersamaan dengan peresmian Sirkuit Mandalika, Jokowi meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 kilometer tersebut telah siap digunakan dan akan memangkas waktu tempuh bandara dengan KEK Mandalika.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan sehingga jarak tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja," ungkap Jokowi.

Jokowi harap Sirkuit Mandalika munculkan titik pertumbuhan ekonomi baru di NTB. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.