Hilang 12 Tahun Lalu, Motor Tuyahman Ditemukan Polisi di Pelabuhan Priok

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 11:08 WIB
Pencurian sepeda motor dengan kunci kunci later T.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra/detikcom
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkap kasus pencurian sepeda motor. Pengungkapan itu tergolong unik karena motor yang ditemukan ini merupakan motor milik warga bernama Tuyahman, yang hilang dicuri 12 tahun lalu.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengatakan pengungkapan kasus ini bermula saat anggotanya tengah melakukan patroli di daerah Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu (10/11) sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu polisi melihat dua orang mendorong motor.

"Anggota menawarkan bantuan kepada kedua orang tersebut dan setelah berkomunikasi, mencurigai sepeda motor tersebut hasil tindak pidana pencurian," kata Putu dalam keterangannya, Sabtu (13/11/2021).

Polisi kemudian meminta dua orang tersebut menunjukkan kelengkapan surat kendaraan yang tengah didorongnya. Tapi keduanya ternyata tidak mampu menunjukkan surat kelengkapan kendaraan.

Dua orang yang mendorong motor itu lalu diamankan ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok untuk penyelidikan lebih lanjut.


"Sepeda motor tersebut tanpa dilengkapi surat-surat yang sah. Petugas bersama tim menangkap dan mengamankan orang tersebut berikut barang bukti berupa satu unit sepeda motor merek Suzuki Satria FU 150 warna hitam," ujar Putu.

Nomor kendaraan motor itu diketahui B-3130-TXA. Polisi pun melakukan pengecekan nomor kendaraan itu dan berhasil menemukan pemilik asli kendaraan.

Putu menyebut sepeda motor itu milik seorang warga bernama Tuyahman. Dari keterangan pemilik, motor itu diketahui telah dicuri sejak 12 tahun lalu.

"Penantian lebih dari satu dekade akhirnya terbayar lunas pada hari ini, Jumat (12/11), kendaraan Bapak Tuyahman telah kembali ke pemiliknya setelah dicuri 12 tahun lalu," ungkap Putu.

(mea/mea)