detikcom Do Your Magic: Kolam Olakan di Jl Martadinata Ancol Efektif Atasi Banjir

Marteen Ronaldo - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 16:39 WIB
Kolam olakan di Jl RE Martadinata, sisi jembatan lodan, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (11/10/2021).
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Drainase dan kolam olakan yang berada di Jl RE Martadinata, Jakarta Utara, tepatnya di sisi Jembatan Lodan, dinilai efektif untuk mengantisipasi banjir. Saat beberapa titik di Jl RE Martadinata banjir, sisi Jembatan Lodan tidak tergenang.

Tukang tambal ban di depan kolam olakan, Anton Purba, mengaku beberapa hari terakhir tidak ada banjir rob. Menurutnya, air yang menggenang di jalan langsung masuk ke saluran air dan menuju kolam olakan.

"Sekarang karena sudah ada kolam olakan dan juga paralon yang dipasang untuk membuang air genangan pascahujan, sudah jarang ada banjir besar disini. Semua langsung dibuang ke kali dan langsung kering," katanya saat ditemui, Rabu (10/11/2021).

"Apalagi kan kalau sebelum ada ini banjir terus, dan juga kegiatan masyarakat tutup semuanya. Karena semua titik tergenang air," tegasnya.

Kendati begitu, pihaknya pun meminta agar kolam olakan tidak hanya dibuat satu titik, melainkan beberapa titik di Jalan RE Martadinata sehingga tidak lagi terjadi banjir di Jl RE Martadinata.

"Yang di bawah flyover itu kasihan, kayak kemarin itu banjir dan terganggu semuanya. Kan kita juga kasihan lah liat itu," ujarnya.

Selain itu, Handoko, yang sedang melintas di lokasi, mengatakan proyek kolam olakan ampuh untuk mengatasi banjir di area Jembatan Lodan.

"Kendati sudah tidak ada banjir, akan tetapi masih ada wilayah lainnya yang masih terkena banjir, dan itu harus mendapatkan perhatian khusus juga," tuturnya.