Tuntas Kasus Dugaan Fitnah Usai Atta Halilintar Maafkan Savas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 07:44 WIB
Jakarta -

Kasus laporan pencemaran nama baik yang dilayangkan Atta Halilintar kepada YouTuber Savas Fresh memasuki babak baru. Kedua pihak kini sepakat untuk mengakhiri kasus secara damai.

Atta Halilintar sebelumnya telah melaporkan Savas atas tindakan fitnah dan pencemaran nama baik. Laporan itu berawal dari konten YouTube milik Savas yang diduga telah melakukan penghinaan kepada Atta dan keluarga besarnya.

Polisi pun melakukan penyelidikan dan menetapkan Savas sebagai tersangka. Dia dijerat dengan UU ITE dan kemudian dilakukan penahanan di Polres Metro Jakarta Selatan.

"Kalau yang dilaporkan itu pencemaran nama baik, fitnah, dan lain-lain, terutama dilakukan di ranah ITE ya, disampaikan melalui media sosial, baik itu IG maupun TikTok. Maka sangkaan pasal yang diterapkan dalam perkara tersebut adalah pasal 45, pasal 51 UU No.19 Tahun 2016 tentang ITE," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Aziz Andriansyah di kantornya, Jumat (17/9).

Hampir tiga bulan berlalu, perkembangan muncul dari kasus tersebut. Polisi menyebut kasus itu kini bakal berakhir secara damai.

Atta Halilintar Resmi Cabut Laporan

Berakhir damai kasus itu berawal atas sikap Atta Halilintar yang mencabut laporan polisinya kepada Savas. Ditemani istrinya, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, tiba di Polres Metro Jakarta Selatan untuk mencabut laporan.

Menurut Atta, pencabutan laporan itu tidak lepas dari itikad baik terlapor dan keluarganya yang telah meminta maaf.

"Iya (resmi mencabut laporan), sepakat melakukan perdamaian karena sudah ada iktikad baik juga dari keluarganya Savas atau Sefdiansyah, dan berjanji minta maaf dan segala macam," sebutnya di Polres Metro Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (9/11).

Atta kemudian menjelaskan soal alasannya dulu melaporkan pelaku. Dia mengaku harus menjaga nama baik keluarganya mengingat tindakan pelaku telah merugikannya bukan hanya secara pribadi, namun juga melibatkan keluarga besarnya.

"Intinya, saya kan di sini adalah untuk menjaga marwah keluarga, tidak semena-menanya bisa difitnah ataupun dituduh punya anak yang beginilah, punya inilah, istri saya kayak gini, kayak gitu lah, pernah melakukan inilah, itulah," papar Atta.

Simak selengkapnya di halaman berikut