KPK: Keterangan Sofyan Djalil di Sidang RJ Lino Kuatkan Dakwaan Jaksa

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 10:43 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK menanggapi keterangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil yang menyebut proses penunjukan langsung dalam proyek quay container crane (QCC) di PT Pelindo II diperbolehkan sepanjang sesuai dengan aturan direksi perusahaan. KPK mengatakan keterangan Sofyan yang meringankan RJ Lino itu justru menguatkan dakwaan jaksa KPK.

"Dari apa yang diterangkan saksi a de charge tersebut, menurut hemat kami justru menguatkan pembuktian dakwaan tim jaksa KPK. Saksi menerangkan bahwa pengadaan barang dan jasa di BUMN terikat aturan dan penunjukan langsung memang dapat dilakukan dalam pengadaan barang dan jasa," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

"Namun demikian, penunjukan langsung dilakukan sepanjang tidak ada perbuatan melawan hukumnya," sambungnya.

Menurut Ali, pengadaan barang dan jasa harus tetap memegang prinsip norma pokok yang ada dalam pengadaan itu. Prinsip itu adalah transparan, adil, dan akuntabel.

"Sehingga kembali pada norma pokok bahwa pengadaan barang dan jasa harus tetap dilakukan dengan memedomani prinsip-prinsip dalam pengadaan itu sendiri, seperti transparan, fair, dan akuntabel," tutur Ali.

KPK, kata Ali, sangat yakin dakwaan jaksa akan terbukti di persidangan. Dia meminta publik untuk turut mengawal kasus ini di persidangan.

"Dari seluruh rangkaian proses persidangan ini, KPK yakin dakwaan tim jaksa akan terbukti dan majelis hakim tidak terpengaruh independensinya untuk memutus bersalah menurut hukum atas diri terdakwa RJ Lino," kata Ali.

Lihat juga video 'KPK soal Remisi Koruptor: Harap Tetap Pertimbangkan Rasa Keadilan':

[Gambas:Video 20detik]