ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap Ada Alumni Jadi Provokator Pengeroyokan Mahasiswa di Palembang

M Syahbana - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 13:55 WIB
Tiga dari empat terduga pelaku pengeroyokan di kampus Palembang (Syahbana-detikcom)
Tiga dari empat terduga pelaku pengeroyokan di kampus Palembang. (Syahbana/detikcom)
Palembang -

Empat terduga pelaku pengeroyokan terhadap mahasiswa berinisial ART (20) ditangkap polisi. Satu di antara empat orang itu merupakan alumni Politeknik Negeri Sriwijaya.

"Dari empat pelaku yang diamankan, ketiga pelaku merupakan mahasiswa sedangkan satunya merupakan alumni," kata Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi saat dimintai konfirmasi, Senin (1/11/2021).

Keempat orang itu kemudian dibawa ke Polrestabes Palembang untuk diperiksa lebih lanjut. Keempat terduga pelaku yang masih berstatus mahasiswa ialah Amar Wiratama (20), Hasbi Mahfud (20), dan M Rivaldo Dewa Putra (20).

Sementara seorang terduga pelaku yang berstatus alumni bernama Aji Aslam Maulana alias AJ (21). Aji diduga sebagai provokator pengeroyokan terhadap ART.

"Dugaan sementara si alumni ini (AJ) yang merupakan provokatornya. Sedangkan ketiganya lainnya merupakan mahasiswa di kampus tersebut dan ikut serta melakukan penganiayaan," katanya.

Keempat terduga pelaku itu ditangkap di tiga lokasi berbeda, Senin (1/11). Tri mengatakan keempatnya terlihat jelas dalam video pengeroyokan yang viral di media sosial.

"Kita bekerja sama dengan pihak kampus tempat mereka berkuliah sehingga kita berhasil mengamankan empat orang pelaku dalam kasus 170 KUHP yang dilakukan di area kampus tersebut," katanya.

Polisi bakal mengusut motif di balik pengeroyokan itu. Dia menyebut korban berangsur pulih.

"Kita akan mendalami peranan mereka hingga motif dibalik pengeroyokan yang terjadi di area kampus tersebut. Untuk kondisi korban saat ini berangsur membaik pascakejadian pengeroyokan tersebut," jelasnya

Sebelumnya, video pengeroyokan terhadap mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya di Palembang viral di media sosial. Korban merupakan mahasiswa semester V berinisial ART (20). Dia diduga dikeroyok belasan orang saat berada di kampusnya, Sabtu (30/10) sore.

"Iya, korban ini mahasiswa semester 5, kejadian pengeroyokan itu terjadi saat korban tengah berada di kampusnya Sabtu sore kemarin," ujar Tri.

Korban mengalami luka pada bagian kepala, leher, dan bahu. Polisi memburu para terduga pelaku pengeroyokan yang diduga berjumlah 15 orang.

"Korban kita kasih pengantar visum, dia mengalami luka dan memar di beberapa bagian tubuhnya dan di rawat jalan. Kita sedang buru para pelaku, ada sekitar 15 orang," jelasnya.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT