Round-Up

Murka Bupati Sebab Anjing Canon Mati Diviralkan di Dunia Maya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 22:33 WIB
Momen evakuasi anjing Canon dari resort di Pulau Banyak untuk dibawa ke daratan Aceh Singkil (Screenshot video viral)
Foto: Momen evakuasi anjing Canon dari resort di Pulau Banyak untuk dibawa ke daratan Aceh Singkil (Screenshot video viral)

Dikritik Pencinta Hewan

Pendiri Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Karin Franken, mengkritik tindakan Satpol PP dalam memindahkan Canon. Dia menyebut seharusnya anjing tersebut tidak mati jika pemindahan dilakukan sesuai prosedur.

"Sangat amat keterlaluan apa yang terjadi dan betul-betul seenaknya Satpol PP dan instansi lain yang terlibat, dan kalau sesuai SOP seharusnya nggak meninggal," ujar Karin.

Karin menyebut petugas harusnya membicarakan proses pemindahan dengan pemilik anjing. Dia juga menyebut perlu ada fasilitas kandang yang memadai.

"Menurut saya ambil anjing begitu saja sangat keterlaluan. Kami (semua NGO) akan ramaikan terus karena menurut kami sangat unacceptable anjing orang diambil begitu saja oleh Satpol PP," tuturnya.

Karin mengatakan anjing yang dipindahkan itu merupakan anjing resor. Dia menilai keberadaan anjing itu bukan urusan Satpol PP.

Anjing Canon Pernah Gigit Warga

Seorang warga di Aceh Singkil, Eko Chandra, mengatakan dirinya pernah digigit anjing yang dipelihara di sebuah resor di Pulau Banyak. Dia mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada September 2020 di Pulau Panjang.

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau di Kecamatan Pulau Banyak. Dia menyebut dirinya digigit saat lewat bersama temannya di depan sebuah resor yang diduga memelihara anjing Canon.

Menurutnya, anjing itu diikat dengan rantai panjang. Eko mengaku tidak menyangka anjing tersebut bakal menjangkaunya.

"Pas aku melewati anjing itu, langsung diterkamnya di bagian pergelangan kaki. Berdarah waktu itu, aku langsung pulang ke Pulau Banyak," ujarnya.

Eko mengatakan kakinya mengalami bengkak pada malam hari usai digigit. Dia mengatakan dokter menyarankan melakukan suntik antirabies. Eko harus dilarikan ke rumah sakit di daratan Aceh Singkil dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam naik kapal.



Simak Video "Heboh! Anjing di Pulau Banyak Aceh Mati Usai Diusir, Satpol PP Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/lir)