Azis Syamsuddin Bantah Kenalkan AKP Robin ke M Syahrial-Rita Widyasari

Zunita Putri - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 17:07 WIB
Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyampaikan keterangan dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara yang diusut KPK dengan terdakwa, mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/10).
Azis Syamsuddin (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Azis Syamsuddin mengaku tidak pernah mengenalkan mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin ke M Syahrial dan Rita Widyasari. Majelis hakim pun sangsi atau bimbang dengan kesaksian mantan Wakil Ketua DPR itu.

Dalam persidangan AKP Robin dan Maskur Husain, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (25/10/2021), Azis mengaku tidak pernah mengenalkan Robin ke Walkot Tanjungbalai nonaktif M Syahrial dan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari. Azis membantah kesaksian Syahrial dan Rita.

"Di sidang sebelumnya Syahrial menyampaikan bahwa saksi menyampaikan ke M Syahrial 'Bro, gue mau kenalin seseorang, tapi jangan cerita-cerita proyek', apa benar?" tanya jaksa KPK.

"Tidak ada, Pak. Saya bantah," tegas Azis.

Azis mengakui bahwa Syahrial sama Robin bertemu di rumahnya. Namun dia tidak mengenalkan Syahrial ke Robin.

"Saya kan lagi rapat, di meja makan Robin muncul dari belakang dada-dada (melambaikan tangan) pakai nametag. Saya datangi dia, bilang 'turunkan itu nametag', kan ini ada orang-orang organisasi, rumah itu di setiap sudut ada tamu, saat itulah yang saya lihat Robin dan Syahrial," kata Aziz.

Azis mengatakan dia tidak tahu tentang apa yang dibicarakan Syahrial dan Robin. Yang jelas, Azis mengaku tidak mengenalkan Robin ke Syahrial.

Begitu juga kesaksian Rita, dalam sidang sebelumnya Rita mengaku dikenalkan Robin oleh Azis Syamsuddin. Saat itu, Rita mengaku Azis membawa Robin ke Lapas Tangerang. Hal itu juga dibantah Azis.

"Jadi Rita sampaikan sebelumnya bahwa yang kenalkan dirinya ke Robin adalah saksi, bagaimana?" tanya jaksa KPK.

"Saya bantah, Pak. Apakah itu dipikirkan Saudara Rita itu perkenalan, saya tidak tahu," kata Azis.

Azis mengungkapkan memang Robin pernah bertemu dengan Rita saat di Lapas Tangerang. Namun saat itu Robin hanya mengambil dokumen yang Robin titipkan ke Azis terkait dokumen peminjaman uang.

"Jadi Rita ini menitip pesan, Rita minta ketemu beliau minta tolong kalau bisa Ketua Golkar A, dan kalau calon kalau bisa B, saya datang ke Lapas. Nah Robin pernah titipkan dokumen ke saya berkaitan pencairan dana, minta pandangan saya, itu pencairan dana keluarganya saya nggak tahu," kata Azis.

"Nah, beliau (Robin) ke Lapas Tangerang hanya untuk ngambil dokumen itu, saat dia datang. (Robin dan Rita) hanya tos salaman COVID," lanjut Azis.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.