Komunitas JokPro DKI Deklarasi Dukung Jokowi-Prabowo di Pilpres 2024

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 14:56 WIB
Komunitas JokPro 2024 DKI deklarasi dukungan Jokowi-Prabowo (Nahda-detikcom)
Komunitas JokPro 2024 DKI melakukan deklarasi dukungan Jokowi-Prabowo (Nahda/detikcom)

Jokowi kembali menyatakan dia adalah produk pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat berdasarkan konstitusi. Karena itu, dia dengan tegas menolak usulan masa jabatan presiden tiga periode.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode," kata Jokowi lewat video di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

Jokowi mengatakan konstitusi telah mengamanahkan masa jabatan presiden maksimal dua periode. "Itu yang harus kita jaga bersama-sama," ujarnya.

Jokowi juga menilai orang yang mengusulkan masa jabatan presiden tiga periode sedang cari muka. Dia menyebut orang itu juga sedang menampar dirinya.

"Ada yang ngomong presiden dipilih 3 periode, itu ada 3. Ingin menampar muka saya, ingin cari muka, padahal saya punya muka. Ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja, sudah saya sampaikan," ucap Jokowi.

Meski demikian, dia mengaku tak bisa melarang orang-orang yang memiliki ide tiga periode. Dia hanya menegaskan dirinya menolak jabatan presiden tiga periode.

"Ada dari akar rumput, dari pihak kekuatan politik, misalnya mengusulkan itu. Biarkan saja. Yang penting kan saya sudah menolak. Sikap saya sama seperti sebelum-sebelumnya. Gimana saya harus menjawab lagi," ujarnya.


(haf/haf)