Terkendala Exit Permit, Perwakilan Formula E Belum Cek Calon Venue di Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 14:26 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Formula E Jakarta (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

JakPro bersama penyelenggara atau FEO bulan ini dijadwalkan meninjau lima lokasi sirkuit Formula E. Namun Direktur Utama JakPro Widi Amanasto mengatakan sampai saat tim FEO belum tiba di Jakarta karena terkendala izin keluar atau exit permit dari Inggris.

"Belum (meninjau) karena masalah exit permit," kata Widi saat dihubungi, Jumat (22/10/2021).

Selain exit permit, Widi mengatakan tim FEO diwajibkan menjalani karantina. Meski terkendala sejumlah hal, dia meyakini tim FEO akan tiba di Jakarta pada awal bulan depan.

"Paling lambat awal bulan November mereka datang," jelasnya.

Widi menuturkan setidaknya proses pembangunan sirkuit atau lintasan Formula E memakan waktu sebulan. Dia pun optimistis bisa segera menentukan lokasi dan menyelesaikan pembangunan sirkuit sebelum 4 Juni 2022.

"Optimis maksimum (sirkuit) sekitar 1 bulan selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini pihaknya belum memutuskan lokasi sirkuit Formula E. Riza memastikan venue akan segera diumumkan setelah JakPro dan Formula E selesai melakukan peninjauan.

"Formula E, seperti yang disampaikan, ada lima alternatif, sedang menunggu prosesnya secara teknis akan ditinjau dari utusan Formula E. Insyaallah akan diputuskan," kata Riza saat ditemui di Jalan Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur, Minggu (17/10).

Riza meminta seluruh pihak bersabar menunggu hasil survei lokasi venue balapan mobil listrik itu. Dia menuturkan nantinya JakPro dan FEO akan memilih lokasi sirkuit sesuai standar internasional.

"Ini kan ada dari ofisial kepanitiaan penyelenggaraan di sana. Semuanya ini disesuaikan dengan ketentuan, aturan dan syarat yang ada," jelasnya.

"Saya tidak ingin mendahului, nanti tunggu saja karena harus ditinjau dan dicek dulu," sambungnya.

FIA telah meresmikan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah pergelaran balap Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris.

Simak juga video 'Tak ada Anggaran Formula E di APBD Perubahan 2021, JakPro Wajib Cari Sponsor':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)