Ini Lho Kisi-kisi Calon Sirkuit Formula E Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 18:51 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

JakPro bersama penyelenggara atau FEO segera meninjau lima lokasi sirkuit Formula E. Lalu, apa saja kriteria yang harus dipenuhi untuk calon lokasi sirkuit balap mobil listrik itu?

Direktur Utama JakPro Widi Amanasto mulanya mengatakan sirkuit Formula E tak sekadar menampilkan ikon Kota Jakarta. Tapi juga harus mencerminkan keseimbangan pembangunan kota dengan kondisi lingkungan.

"Kemajuan keseimbangan pembangunan fisik dan nature," kata Widi saat dihubungi detikcom, Minggu (17/10/2021).

Kemudian, Widi menjelaskan Formula E merupakan balap mobil listrik yang diklaim tak akan menimbulkan polusi dan suara bising. Selain memperhatikan kontur jalanan, Widi memastikan pembuatan venue Formula E harus ramah lingkungan.

"Formula E kendaraan balap tidak menimbulkan polusi dan bising, sehingga city race. Namun harus memiliki kriteria jumlah dan tingkat kesulitan tikungan, kontur jalan serta concern environment diutamakan dengan menghindari penebangan pohon," jelasnya.

Widi menargetkan survei lokasi segera dilakukan pada akhir Oktober. Nantinya, dalam survei itu JakPro bersama FEO akan menunjuk lokasi venue sesuai kriteria yang ditentukan.

"Masih menunggu tim FEO akan datang, yang diperkirakan akhir Oktober," ucapnya.

FIA sebelumnya telah meresmikan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah pergelaran balap Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris kemarin.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo melalui keterangan tertulis PPID Jakarta, Sabtu (16/10).

Sementara itu, Direktur Utama JakPro Widi Amanasto menyampaikan trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta. Dia ingin masyarakat dunia dapat menyaksikan kemajuan dunia.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," katanya.

(taa/idn)