Wagub DKI: Venue Formula E Diputuskan Bulan Ini

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 13:33 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria memenuhi undangan klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan. Riza mengaku kedatangannya tersebut sebagai bentuk kewajibannya sebagai warga negara. Riza tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.00 WIB.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan lokasi sirkuit Formula E akan diputuskan bulan ini. Lokasi sirkuit akan diputuskan setelah utusan FIA Word Motosport dari Paris datang ke Jakarta.

"Lokasi nanti akan kita putuskan menunggu kunjungan. Insyaallah mudah-mudahan nggak lama lagi ya, insyaallah bulan-bulan ini," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (18/10/2021).

Riza mengatakan kunjungan FIA World Motorsport akan dilakukan bulan ini. Namun Riza tak menyebut kapan tanggal pasti kunjungan tersebut.

"Rencanannya bulan ini ada kunjungan. Silakan nanti detail ditanyakan ke Jakpro sama Dispora," ujarnya.

Lebih lanjut Riza menyampaikan balap Formula E sudah dipastikan akan digelar di Jakarta pada 2022 mendatang. Dia menyebut tidak ada permasalahan lain selain lokasi sirkuit karena fasilitas di Jakarta sangat mendukung.

"Titik ya, kepastian sudah, tinggal memutuskan titik lokasi. Tinggal menentukan tempat aja, nggak ada masalah, di Jakarta ini kan fasilitasnya sangat baik dan mendukung," imbuhnya.

FIA sebelumnya telah meresmikan Jakarta menjadi salah satu tuan rumah pergelaran balap Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo melalui keterangan tertulis PPID Jakarta, Sabtu (16/10).

Sementara itu, Direktur Utama JakPro Widi Amanasto menyampaikan, trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta. Dia ingin masyarakat dunia dapat menyaksikan kemajuan dunia.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," katanya.

(dek/yld)