Roy Suryo Diperiksa Polisi Pagi Ini soal Cuitan Ferdinand Hutahaean

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 09:42 WIB
Jakarta -

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melaporkan politikus Ferdinand Hutahaean atas dugaan fitnah dan pencemaran nama baik. Roy Suryo bakal menjalani pemeriksaan hari ini.

"Roy Suryo didampingi oleh penasihat hukumnya akan menghadiri undangan pemeriksaan dari penyidik Polda Metro Jaya terkait cuitan FH," kata pengacara Roy Suryo, Pitra Romadhoni dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Pemeriksaan bakal dilakukan di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro. Rencananya Roy Suryo bakal diperiksa sebagai pelapor mulai pukul 10.00 WIB.

"Pukul 10.00 WIB dengan agenda melaksanakan berita acara pemeriksaan," ungkap Pitra.

Untuk diketahui, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melaporkan politikus Ferdinand Hutahaean ke Polda Metro Jaya. Ferdinand dilaporkan atas dugaan penyebaran fitnah dan berita bohong.

Polisikan Ferdinand soal Cuitan 'Mantan Menteri Sebodoh Ini'

Roy Suryo pun menyebut Ferdinand Hutahaean sebagai buzzer. Laporan Roy Suryo itu berdasar pada cuitan Ferdinand pada 14 September 2021 yang dinilai telah menyebarkan fitnah.

"Hari ini saya bersama tim sudah membuat laporan atas seseorang buzzer juga," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9).

Adapun, cuitan Ferdinan Hutahaean yang dilaporkan Roy Suryo itu adalah 'mantan menteri yang sebodoh ini'. Roy Suryo melampirkan bukti tangkapan layar cuitan Ferdinand Hutahaean ke polisi.

Selain itu, Ferdinand mencuit 'membawa perabotan negara pulang ke rumah pribadi'. Atas dasar itu, Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

"Dilaporkan di pencemaran nama baik di Pasal 301 dan 302 dan Pasal 27 juncto Pasal 45 UU ITE tentang Pencemaran Nama Baik dan Fitnah. Kenapa fitnah? Karena selain di hate speech membodoh-bodohi saya dan menggoblok-goblokkan saya, dia juga menulis menuduh saya membawa barang-barang ke rumah dari kantor," jelas Roy.

Padahal menurut Roy, kasus dia membawa barang-barang di Kemenpora ke rumahnya tidak terbukti benar. Kasus itu bahkan telah dinyatakan inkrah di pengadilan pada Mei 2019.

"Saudara FH ini sudah sangat keji dan kejam menuliskan itu secara vulgar. Maka hari ini laporannya diterima di Polda Metro Jaya. Jadi ini laporan saya terbaru atas dugaan pencemaran nama baik, penghinaan dan penyiaran kabar bohong," katanya.

Laporan dari Roy Suryo kini telah diterima di Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregister dengan nomor STTLP/B/4639/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal: 20 September 2021.

Simak penjelasan Ferdinand Hutahaean di halaman selanjutnya

Lihat Video: Roy Suryo Laporkan Ferdinand Hutahaean ke PMJ Gegara Cuitan di Twitter

[Gambas:Video 20detik]