PPKM Jawa Timur Sampai Kapan? Cek Aturan hingga Kategori Level PPKM

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 17:28 WIB
PPKM Jawa Timur sampai kapan?
PPKM Jawa Timur sampai kapan? (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Jawa Timur sampai kapan? Pertanyaan ini muncul usai pemerintah mengumumkan evaluasi PPKM. Selain melonggarkan sejumlah aturan, kali ini pemerintah mencatat ada 54 kota/kabupaten yang Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 2.

PPKM Jawa Timur sampai kapan sebenarnya sudah diatur pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 53/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali. Dalam aturan itu, pemerintah juga memetakan daftar daerah di Jawa Timur yang menerapkan PPKM level 1, level 2, dan level 3.

Untuk mengetahui kabar PPKM Jawa Timur sampai kapan, detikcom sudah merangkum informasinya. Mari simak penjelasan di bawah ini.

PPKM Jawa Timur Sampai Kapan: Berlaku Sampai Awal November

Pemerintah sudah mengatur PPKM Jawa Timur melalui Inmendagri 53/2021. Dalam aturan itu disebutkan, PPKM Jawa Timur diperpanjang sejak tanggal 19 Oktober-1 November 2021.

Untuk menyesuaikan PPKM Jawa Timur sampai kapan, pemerintah juga menyusun aturan terkait aktivitas di luar rumah. Langkah ini diambil karena pemerintah telah melihat progres dari PPKM Jawa Timur.

Masih tertuang dalam Inmendagri teranyar, pemerintah sudah menyesuaikan beberapa poin yang mengatur aktivitas di luar rumah. Untuk mengetahui aturan PPKM Jawa Timur sampai kapan, simak poin apa saja yang sudah disusun pemerintah.

PPKM Jawa Timur Sampai Kapan: Kapasitas WFO di Sektor Non Esensial

Aturan pertama terkait PPKM Jawa Timur sampai kapan mengenai Work From Office (WFO). Dalam aturannya, pelaksanaan sektor non esensial boleh menerapkan WFO asal kapasitasnya 25%. Bukan hanya itu, karyawan pun harus sudah divaksin dan melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Sementara untuk PPKM level 2, kapasitas WFO di sektor non esensial dibatasi 50% dan daerah PPKM level 1 maksimal 75%.

PPKM Jawa Timur Sampai Kapan: Resepsi Pernikahan

Kendati resepsi pernikahan sudah diizinkan, namun pemerintah masih membatasi kapasitas kunjungan. Sejalan dengan aturan PPKM Jawa Timur sampai kapan, kapasitas resepsi pernikahan maksimal 25% dan tidak boleh melayani makan di tempat.

Adapun kapasitas untuk daerah PPKM level 2 maksimal 50% dan kapasitas resepsi pernikahan di daerah PPKM level 1 maksimal75%. Hal ini sudah diatur pemerintah untuk menyelaraskan PPKM Jawa Timur sampai kapan.

PPKM Jawa Timur Sampai Kapan: Kapasitas Sewa Transportasi Umum Masih Dibatasi

Dalam aturan PPKM Jawa Timur sampai kapan, pemerintah turut mengatur kapasitas transportasi umum seperti angkutan massal, taksi online dan konvensional, hingga kendaraan rental. Dalam aturannya, kapasitas penumpang maksimal 70% dan khusus untuk pesawat terbang maksimal 100%, sehingga penerapan protokol kesehatan harus lebih ketat.

Sementara untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2 dan level 1,kapasitas penumpang bisa mencapai 100%. Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah setelah mengevaluasi PPKM di Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali.

Baca selengkapnya PPKM Jawa Timur sampai kapan dan informasi lengkapnya.