Round-Up

8 Fakta Arief Direktur TV Swasta Raup Miliaran dari Video Hoax

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 05:32 WIB
Polisi merilis penangkapan Direktur TV swasta lokal di Jatim
Polisi merilis penangkapan Direktur TV swasta lokal di Jatim (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Postingan Arief Zainnurohman di akun Youtube 'Aktual TV' menghantarkan dirinya ke kantor polisi. Pasalnya, konten yang diproduksi oleh direktur TV swasta lokal di Bondowoso, Jawa Timur ini sarat akan muatan hoax dan SARA.

Arief dkk ditangkap di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Agustus 2021 lalu. Saat ini akun Yotube Aktual TV miliknya telah disita polisi.

Kasus ini terungkap setelah Polres Metro Jakarta Pusat melakukan patroli di dunia maya. Tautan konten video pada akun Youtube 'Aktual TV' yang banyak disebarkan di media sosial dinilai telah menimbulkan kegaduhan hingga mengganggu sinergitas TNI-Polri.

Setidaknya sudah ada 765 postingan hoax yang diproduksi oleh Arief Zainurrohman dkk. Dari penyidikan polisi terungkap, Arief Zainurrhman menghasilkan pundi-pundi hingga miliaran dari adsense yang ia terima atas postingan tersebut.

Berikut fakta-fakta penangkapan Arief Zainurrohman, direktur TV Bondowoso yang dirangkum detikcom:

1. Arief Zainurrohman Pemilik Youtube Aktual TV

Polisi mengungkapkan sosok Arief Zainnurohman adalah direktur TV swasta lokal di Jawa Timur. Akan tetapi, Arief Zainurrohman memproduksi konten hox tersebut di akun Youtube pribadinya yakni 'Aktual TV'.

"Pertama memang betul, inisial AZ ini adalah direktur salah satu PT di Jawa Timur, PT media televisi di Jawa Timur," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Yusri menegaskan, Arief ditangkap dalam konteks sebagai pembuat konten hoax di akun Youtube Aktual TV, bukan di stasiun televisi yang ia pimpin.

"Kontennya itu memang melalui kanal YouTube 'Aktual TV," tegasnya.


2. Arief Zainurrohman Dibantu Tim Kreator

Dalam kasus ini, polisi juga menangkap 2 pelaku lainnya yakni Muzzamil (M) dan Ahmad Fandi (AF). Keduanya adalah tim kreator yang membantu Arief Zainurrohman dalam memproduksi konten hoax.

"Yang kedua adalah M, ini adalah pengelola channel yang melakukan editing, meng-upload dan konten kreator Aktual TV ini," imbuh Yusri.

Selanjutnya, tersangka AF merupakan pengisi suara (narator) di Aktual TV. Sedangkan Arief sendiri adalah pemilik sekaligus pembuat ide dalam membuat konten yang akan dimuat di akun YouTube-nya itu.

"AZ sendiri, ini dia pemilik channel 'Aktual TV' ini, dia yang buat ide membuat konten mengarahkan dan menyortir hasil editing konten yang akan di-upload di 'Aktual TV'," katanya.

3. Produksi Konten Hoax demi Uang

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengungkapkan motif Arief Zainurrohman memproduksi konten hoax itu demi mencari keuntungan semata.

"Yang cukup memprihatinkan dari hasil pemeriksaan kami, mereka ternyata meng-upload konten-konten provokatif ini dengan tujuan materi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi dalam konferensi pers, Jumat (15/10).


Baca di halaman berikutnya: Arief Zainurrohman raup miliaran rupiah dari konten hoax

Tonton juga video icip-icip Subway yang baru buka lagi di Indonesia berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]