3 Kapolsek Percut Dicopot, Terbaru Gegara Pedagang Dipukul Malah Tersangka

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 08:35 WIB
Polsek Percut Sei Tuan (Ahmad Arfah-detikcom)
Polsek Percut Sei Tuan (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

AKP Janpiter Napitupulu dicopot dari jabatan Kapolsek Percut Sei Tuan setelah geger penetapan tersangka atas pedagang wanita, LG, yang diduga merupakan korban pemukulan preman. Sebelum Janpiter, ada dua Kapolsek Percut Sei Tuan yang lebih dulu dicopot gegara bermasalah.

Berikut tiga Kapolsek Percut Sei Tuan yang dicopot karena bermasalah sejak 2020:

1. Kompol Otniel Siahaan Dicopot Gegara Kasus Pemukulan Saksi di Tahanan

Kompol Otniel Siahaan merupakan mantan Kapolsek Percut Sei Tuan. Dia dicopot karena dinilai bersalah dalam kasus dugaan pemukulan kepada saksi di tahanan Polsek bernama Sarpan.

Kasus ini bermula dari sebuah postingan di media sosial yang menyebutkan seorang saksi kasus pembunuhan dipukul di tahanan Polsek Percut Sei Tuan. Pengunggah postingan mempertanyakan nasib saksi yang lebam setelah diperiksa penyidik.

"Pembunuhan di Pasar 9 Tembung, leher dicangkul. Saksi mukanya lebam2 (membiru). Kok bisa?? Malah yang diduga tersangka dari awal katanya wajahnya mulus," tulis pengunggah, seperti yang dilihat detikcom pada Rabu (8/7/2020).

Saksi kasus pembunuhan yang menjadi korban pemukulan bernama Sarpan itu kemudian membuat laporan ke Polrestabes Medan. Dalam postingan yang viral, pengunggah juga menyertakan foto tanda terima laporan bernomor STTP/1643/VII/Yan 2.5/2020/SPKT Polrestabes Medan.

Polda Sumut, yang mengambil alih kasus itu, kemudian memeriksa sejumlah personel kepolisian di Polsek Percut Sei Tuan. Selain melakukan pemeriksaan, Kapolda Sumut mencopot Otniel Siahaan dari jabatannya sebagai Kapolsek.

"Kapolsek sudah diserahterimakan," kata Kabid Humas Polda Sumut saat itu, Kombes Tatan Dirsan Atmaja, kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Buntut Pedagang Dipukul Preman Jadi Tersangka, Kapolsek Terancam Dicopot!

[Gambas:Video 20detik]