Viral Aksi Anggota Brimob Tangkap Ular Piton 5 Meter di Bone

Zulkipli Natsir - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 15:28 WIB
Aksi Brimob di Bone tangkap ular piton
Aksi Brimob tangkap ular piton 5 meter di Bone (Foto: dok. Istimewa)
Bone -

Video seorang anggota Brimob Yon C Pelopor Polda Sulsel, Bripka Ari Susanto yang berhasil menangkap seekor ular piton ukuran 5 meter yang masuk ke permukiman warga viral di media sosial (medsos). Ari menangkap ular itu saat warga meminta bantuan kepadanya.

Kemunculan ular piton sepanjang 5 meter lebih, berjenis Sanca Kembang (Malayopython reticulatus) ini pertama kali dilihat salah seorang warga Kawerang, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Taneteriattang, Bone, Sulsel, Selasa (12/10) dini hari saat melintasi saluran dekat rumahnya. Hal itu membuatnya terkejut dan memanggil sejumlah warga.

Khawatir ular tersebut akan menyerang warga dan memangsa hewan ternak, salah seorang warga menghubungi Bripka Ari yang tinggal tidak jauh dari lokasi kejadian untuk menangkap ular itu. Saat itu, Bripka Ari baru pulang dari dinas.

"Saya dipanggil warga, saat itu baru pulang berdinas. Kebetulan rumah juga berada di sekitar lokasi, kemudian saya datang dan mengamankan ular itu. Ularnya lumayan besar, sekitar 5 meter lebih," terang Bripka Ari Susanto, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (13/10/2021).

Aksi Brimob di Bone tangkap ular pitonAksi Brimob di Bone tangkap ular piton (Foto: dok. Istimewa)

Peristiwa ini sempat menghebohkan warga di sekitar lokasi, yang kemudian sempat mengabadikan momen saat penangkapan ular tersebut. Dalam video yang beredar, Bripka Ari yang berbekal pengalaman dalam menangani hewan melata terlihat tidak membutuhkan waktu yang lama saat proses evakuasi ular tersebut.

Kepada detikcom, Komandan Bataliyon C Pelopor Polda Sulsel saat dikonfirmasi turut membenarkan adanya evakuasi ular piton yang dilakukan anggotanya. Dia mengatakan anggota Brimob memang dibekali kemampuan untuk mengevakuasi hewan liar.

"Betul, kemarin ada evakuasi ular piton yang dilakukan anggota Brimob. Tidak menyangka juga bisa viral, kami fokus kepada Tugas Pelayanan ke masyarakat. Dan tiap anggota, memang dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam hal evakuasi berbagai jenis hewan liar yang berbahaya, khususnya jenis binatang melata seperti ular ini," ungkap Kompol Nur Ichsan saat dikonfirmasi, Rabu (13/10).

Simak juga 'Piton Raksasa Ditangkap Saat Melintas di Depan Kantor Wali Kota Parepare':

[Gambas:Video 20detik]