Bikin Resah dan Mangsa Ternak Warga, Ular Piton 6 Meter di Maros Ditangkap

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 20:40 WIB
Ular 6 Meter di Maros
Ular 6 Meter di Maros (Foto: Istimewa)
Maros -

Warga Kampung Garoppa, Desa Sawaru, Camba, Maros, Sulawesi Selatan, dikagetkan dengan munculnya ular piton sepanjang 6 meter. Ular piton berukuran jumbo ini diduga berasal dari hutan di sekitar Kampung Garoppa.

Sekretaris Desa Sawaru, Awal Tawakkal, yang dihubungi detikcom, mengatakan ular piton dengan diameter sekitar 20 centimeter ini diamankan warga saat menyeberangi jalan poros provinsi Maros-Bone, sekitar pukul 00.30 Wita, Senin (24/2/2020) dini hari.

"Ular piton tersebut kini diamankan di salah satu warga Garoppa, salah satu warga Garoppa yang lihai menaklukkan ular, menangkap lalu membungkus kepala ular dengan lakban, lalu dimasukkan ke dalam karung," ujar Awal.

Ular piton Sulawesi yang juga sering disebut ular sawah ini diamankan warga karena ditakutkan memangsa hewan ternak warga. Bahkan, kasus yang sering terjadi di beberapa daerah di Sulawesi, ular piton ini juga kerap memangsa warga.

Selain ular piton, di sekitar Camba yang masuk kawasan cagar alam Karaenta dan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung ini juga dihuni beberapa fauna endemik lainnya, seperti kuskus beruang, babi rusa, burung rangkong, dan ratusan jenis spesies kupu-kupu langka khas Sulawesi.

(mna/knv)