Persyaratan Vaksin Covid, Cek Dulu Yuk Sebelum Daftar

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 12:35 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
Persyaratan vaksin Covid, Cek Dulu Sebelum Daftar -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)
Jakarta -

Persyaratan vaksin Covid ada baiknya diketahui sebelum menjalani vaksinasi. Terlebih, dalam vaksinasi COVID-19 tak semua orang bisa menerima vaksin karena alasan tertentu.

Persyaratan vaksin Covid sebenarnya sudah diatur pemerintah. Selain orang dewasa di atas 18 tahun, anak-anak juga sudah diperbolehkan menerima vaksinasi. Hal ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia HK.02.021/I/1727/2021 yang menyebutkan anak-anak berusia 12-17 tahun boleh menerima vaksin COVID-19.

Agar informasi mengenai persyaratan vaksin Covid lebih diketahui, detikcom sudah merangkumnya dari berbagai sumber. Mari simak ulasan berikut ini.

Persyaratan Vaksin Covid: Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Vaksin

Sebelum membahas persyaratan vaksin Covid, ada baiknya ketahui dulu apa saja yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasi.

Merujuk situs unicef.org, ada dua kategori yang sebaiknya tidak menerima vaksin COVID-19 terlebih dahulu. Keduanya adalah masyarakat yang punya reaksi alergi terhadap kandungan vaksin COVID-19 dan masyarakat yang sedang sakit atau mengalami gejala COVID-19. Dalam hal persyaratan vaksin Covid, masyarakat yang bergejala COVID-19 boleh menerima vaksin setelah sembuh dan disetujui dokter.

Hal lain yang perlu diperhatikan terhadap persyaratan vaksin Covid yakni wajib berkonsultasi dengan dokter. Khusus masyarakat yang mengonsumsi obat rutin dan pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin, disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima vaksinasi.

Sementara itu, masyarakat yang hendak divaksin harus memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat dan bugar. Artinya, sejalan dengan persyaratan vaksin Covid, kamu harus beristirahat cukup dan meminum air putih agar tubuh siap menerima dosis vaksin.

Persyaratan Vaksin Covid: Hal yang Boleh Dilakukan Saat Vaksinasi

Masih merujuk situs Unicef.org, saat menerima vaksin kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan, jujur kepada dokter, hingga menyimpan bukti vaksinasi. Karena berkaitan dengan persyaratan vaksin Covid, saat vaksinasi kamu harus menyampaikan kondisi tubuh agar dokter bisa menganalisa.

Persyaratan Vaksin Covid: Hal-Hal yang Diketahui Setelah Vaksin

Selanjutnya, mari bahas pula apa saja yang wajib diketahui setelah vaksinasi. Selaras dengan persyaratan vaksin Covid, setelah vaksin kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan juga mengantisipasi reaksi vaksin.

Umumnya, setelah vaksin beberapa gejala seperti mual, pusing, rasa pegal, menggigil hingga diare kerap dialami beberapa peserta vaksin. Kamu pun perlu berkonsultasi dan menghubungi dokter agar gejala tersebut dapat diredakan.

Baca selengkapnya soal persyaratan vaksin Covid di halaman berikutnya.