Penyintas Covid Artinya Apa? Ini Penjelasannya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 17:14 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Penyintas Covid Artinya Apa? Ini Penjelasannya -- ilustrasi (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Penyintas Covid artinya apa? jawaban dari pertanyaan ini sering dicari-cari masyarakat. Adapun saat ini pemerintah Indonesia tengah mendorong program vaksinasi Covid-19 demi membentuk herd immunity terhadap virus Corona.

Beberapa waktu lalu, aturan vaksinasi untuk para penyintas Covid-19 diperbaharui oleh Kementerian Kesehatan RI. Namun masih ada yang belum mengetahui apa maksud dari kategori penyintas Covid yang disebut. Berikut informasinya yang sudah kami rangkum.

Penyintas Covid Artinya Apa? Ini Jawabannya

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Penyintas Covid adalah orang yang mampu bertahan hidup melawan Covid-19. Atau dalam arti lain, penyintas Covid bisa disebut juga orang yang sudah sembuh dari infeksi virus Covid-19.

Mengenai hal ini berarti penyintas Covid adalah pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Tercatat dalam data penyebaran Corona yang disampaikan Humas BNPB bahwa sebanyak 1.584 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada hari Minggu (10/10/2021) kemarin. Hal ini berarti total penyintas Covid sejak bulan Maret 2020 hingga hari Minggu kemarin berjumlah 4.060.851 orang.

Setelah mengetahui penyintas Covid artinya apa, berikut informasi mengenai aturan vaksinasi untuk para penyintas Covid.

Penyintas Covid Artinya Apa: Ini Aturan Vaksinasi

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Penyintas Covid-19 kini bisa disuntikkan vaksin setelah 1 bulan dinyatakan sembuh dan hasil swab negatif. Aturan tersebut tertulis dalam Surat Edaran Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Penyintas.

Dalam SE tersebut, dituliskan bahwa penyintas Covid-19 boleh divaksin setelah 1 bulan dan 3 bulan dinyatakan sembuh, tergantung derajat keparahan penyakit. Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu juga mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19, dalam aspek ilmiah dan medis, bersifat dinamis dan terus mengalami perkembangan.

"Data terkait efikasi dan keamanan vaksin juga terus digali dan disempurnakan oleh para ahli, salah satunya mengenai pemberian vaksinasi bagi sasaran penyintas COVID-19," ucapnya di Jakarta, Kamis (30/9).

Soal aturan vaksinasi bagi penyintas Covid-19 juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.