Ada Berapa Jenis Vaksin Covid di Indonesia? Ini Daftarnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 19:09 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna
Ada Berapa Jenis Vaksin Covid di Indonesia? Ini Daftarnya -- ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia jadi tanda tanya bagi sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran banyak variasi vaksin yang digunakan untuk program vaksinasi COVID-19.

Untuk mengetahui ada berapa jenis vaksin COVID-19 di Indonesia, detikcom sudah merangkumnya secara detail. Mari simak ulasan di bawah ini.

Ada Berapa Jenis Vaksin COVID di Indonesia: Ini Daftarnya

Mengutip laman resmi covid19.go.id, berikut daftar vaksin yang ada di Indonesia:

  • Vaksin Sinovac

Menjawab ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia, vaksin Sinovac menjadi salah satunya. Vaksin ini merupakan vaksin inaktivasi terhadap COVID-19, sehingga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh tanpa risiko menyebabkan penyakit.

Sebagaimana rekomendasi World Health Organization (WHO), vaksin ini direkomendasikan untuk usia 18-59 tahun. Vaksin Sinovac diperuntukkan untuk remaja hingga orang dewasa.

  • Vaksin AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca juga merupakan salah satu vaksin yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Vaksin ini memiliki efikasi rata-rata 70%. Hal ini terbukti setelah melakukan uji coba yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca.

Menjawab ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia, vaksin AstraZeneca bebas natrium dan mengandung alkohol yang jumlahnya sangat sedikit, yakni 2 miligram alkohol (etanol) per dosis.

  • Vaksin Sinopharm

Melansir laman Indonesiabaik yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), vaksin Sinophram menggunakan bahan baku atau metode virus infaktif. Artinya, dalam ini terdapat virus penyebab COVID-19 yang sudah dilemahkan.

Jika vaksin ini disuntikkan ke dalam tubuh, tidak bakal memicu infeksi. Namun, bisa saja merespon kekebalan tubuh.

  • Vaksin Moderna

Vaksin Moderna juga menjawab pertanyaan 'ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia'. Vaksin yang diproduksi Moderna ini diklaim punya efektivitas 94,5%

Adapun saat ini, Moderna sudah mengajukan Emergency Use Authorization (EUA) ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sebelum akhirnya diedarkan.

  • Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer diproduksi di Amerika Serikat dan Eropa. Saat ini, Pfizer sudah mengajukan penggunaan EUA dan berdasarkan hasil uji coba, vaksin ini 95% diklaim efektif memerangi virus Corona. Menariknya, vaksin ini juga tidak menimbulkan risiko terhadap masalah keamanan.

  • Vaksin Novavax

Vaksin Novavax dibuat dengan teknologi yang memanfaatkan virus penyebab flu (adenovirus) dari simpanse yang telah dimodifikasi. Perlu diketahui pula, vaksin Novavax dikembangkan oleh AstraZenecca-Oxford, sehingga vaksin ini disuntikkan antara 1-2 kali dengan jarak waktu 28 hari. Adapun dosis yang diberikan berkisar 0,5 ml per dosis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut terdapat perubahan suplai stok vaksin COVID-19 Novavax di Indonesia. Awalnya, stok vaksin akan diberikan 50 juta. Namun berubah menjadi 20 juta dosis.

"Terjadi dinamika dalam bentuk suplai vaksin sehingga Novavax yang tadinya 50 juta akan kami terima tahun ini, kemudian akan terima hanya 20 juta dosis," terangnya dalam konferensi pers virtual, Senin (11/10/2021).

"Untuk selisihnya kami akan usahakan dari sumber lain, terutama yang bisa segera mengirimkan vaksinnya ke Indonesia. Kemungkinan prioritas utamanya adalah dari vaksin Sinovac," sambung Menkes.

  • Vaksin Johnson&Johnson

Mengutip laman kemkes.go.id, pemerintah menerima kedatangan vaksin Johnson&Johnson pada Sabtu (11/9). Menjawab ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia, vaksin Johnson&Johnson hasil dari kerja sama dengan Pemerintah Belanda melalui skema bilateral.

September lalu, jumlah dosis vaksin Johnson&Johnson yang diterima Indonesia sebanyak 500 ribu dosis. Rencananya, vaksin ini lebih dulu didistribusikan ke wilayah aglomerasi Pulau Jawa yang cakupan vaksinasinya masih rendah.

Pada 7 September 2021 vaksin Johnson&Johnson sudah memperoleh izin EUA dari BPOM. Dengan begitu, vaksin ini boleh dipakai untuk masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dengan dosis 0,5 ml.

  • Vaksin Biofarma

Vaksin Biofarma juga masuk ke dalam urutan ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia. Mengutip laman BPOM, vaksin Biofarma punya kandungan dan profil khasiat. Keamannya pun sama dengan vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac China.

Februari lalu, BPOM telah mengeluarkan EUA vaksin Biofarma. Dengan demikian, vaksin Biofarma buatan perusahaan farmasi BUMN dinyatakan aman dan bisa digunakan oleh masyarakat umum. Karena sudah diklaim aman dan mendapatkan EUA, vaksin ini menjadi salah satu yang masuk ke jajaran da berapa vaksin COVID di Indonesia.

Menjawab ada berapa jenis vaksin COVID di Indonesia, simak di halaman berikutnya.