4 Dekade Hubungan Bilateral, KSAU-CAF RSAF 'Meet In The Air' Pakai F-16

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 02:17 WIB
KSAU-CAF RSAF Meet In The Air Pakai F-16 (dok.Istimewa)
Foto: KSAU-CAF RSAF 'Meet In The Air' Pakai F-16 (dok.Istimewa)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Udara Singapura (CAF RSAF) Major General Kelvin Boon Leong Khong mengadakan pertemuan di udara (meet in the air). Ada 9 pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Acara itu menjadi bagian perayaan 4 dekade hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF.

Pada meet in the air ini, ada 4 pesawat tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Sementara RSAF melibatkan 5 pesawat tempur F-16 dari Squadron 143 Tengah Air Force Base, Singapura.

Dari kokpit pesawat F-16, KSAU menyapa CAF RSAF dan menyampaikan ungkapan rasa senang dapat bertemu di udara menggunakan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Ungkapan sama disampaikan CAF RSAF.

"Selamat pagi Pak Fadjar, kami juga senang dapat berjumpa dan memperingati peringatan ke 40 ini dengan terbang bersama pada hari ini," ujar Major General Kelvin Boon Leong Khong dari kokpit pesawat F-16 berdasarkan keterangan dari Dispenau, Selasa (12/10/2021).

"(Hubungan bilateral) 40 tahun merupakan suatu pertanda bahwa hubungan angkatan udara kita sangat erat yang dapat ditunjukan kepada dunia," jawab KSAU.

Momen terbang bersama ini menjadi kegiatan yang luar biasa dan diharapkan menjadi contoh untuk generasi muda dan akan mempererat hubungan antara kedua ungkatan udara.

Pada saat pertemuan di udara tersebut, 4 pesawat F-16 TNI AU dengan call sign Rydder flight dan 5 pesawat F-16 RSAF dengan call sign Rejoice flight bergabung di udara membentuk formasi mata panah "Arrowhead Formation" pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan air laut.

Kedua Kepala Staf Angkatan Udara bergantian menjadi flight leader saat "Arrowhead Formation". Saat formasi 9 pesawat tempur F-16 juga dilaksanakan foto dengan latar ikon kedua negara, yaitu Marina Bay Sands di Singapura dan Jembatan Balerang Batam di Indonesia pada ketinggian 1.000 kaki.

Kegiatan ini jadi bagian rangkaian pelaksanaan latihan bersama Indopura XXI/21, sekaligus mengawali peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral antara RSAF dan TNI AU.

Setelah itu, seluruh pesawat tempur F-16 kembali ke pangkalan udara masing-masing dan dilanjutkan acara peringatan ke-40 tahun hubungan bilateral RSAF-TNI AU secara virtual.

Tonton juga Video: 10 Negara Investor Terbesar di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



KSAU dan CAF RSAF menandatangani Deklarasi Bersama hubungan persahabatan dan kerja sama antara TNI AU dan RSAF.

Kedua pucuk pimpinan angkatan udara ini sepakat melanjutkan dan meningkatkan berbagai kerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral yang didasarkan pada prinsip saling pengertian, rasa hormat, dan kepercayaan.

Poin deklarasi bersama itu berisi tentang komitmen kedua angkatan udara meningkatkan perdamaian dan keamanan di kawasan hingga pelaksanaan kursus serta pelatihan.

Selain itu kedua angkatan udara juga berkomitmen melanjutkan dan meningkatkan pertukaran ahli dan personel, memerangi ancaman asimetris seperti terorisme dan membawa hubungan kerja sama militer bilateral kedua belah pihak pada tingkat yang lebih tinggi.

KSAU menyampaikan, selama empat dekade terakhir, kedua angkatan udara telah banyak menghasilkan kerja sama yang sukses dan bermanfaat, seperti latihan bersama, program pendidikan, pertukaran profesional, dan dialog.

"Bahkan di tengah pandemi COVID-19, angkatan udara kita terus mencari metode dan pendekatan baru untuk menjaga hubungan yang solid antar angkatan udara," ungkapnya.

Kasau juga menyampaikan komitmen TNI AU, yakni menempatkan Angkatan Udara Republik Singapura sebagai mitra strategis di kawasan, untuk lebih menjaga stabilitas dan kemakmuran di tahun-tahun mendatang.

Sementara CAF RSAF, Major General Kelvin khong Boon Leong menyampaikan, Latihan Elang Indopura memiliki sejarah panjang sejak terlaksananya pada tahun 1980, dan terus memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi angkatan udara kedua negara, untuk saling berinterkasi dan belajar.

Adapun Latma TNI AU-RSAF dengan sandi Elang Indopura XXI/21 pada tahun ini, melibatkan 6 pesawat F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan 6 pesawat F-16 Squadron 143 Tengah AFB Singapura. Latihan yang berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021 ini, dilaksanakan di wilayah Military Training Area (MTA) Pekanbaru, provinsi Riau.

Selama latihan, para penerbang tempur kedua angkatan udara melaksanakan air maneuver exercise dengan materi basic fighter maneuver dan air combat maneuver.

Latihan bersama ini, bertujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur kedua negara dalam melaksanakan taktik pertempuran di udara. Selain itu, untuk melatih kemampuan skadron tempur kedua negara dalam melaksanakan operasi bersama di masa yang akan datang, serta meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan bilateral antara TNI AU dengan RSAF.

Turut hadir mendampingi Kasau saat perayaan ke-40 hubungan bilateral TNI AU-RSAF ini, sejumlah pejabat utama TNI AU, diantaranya Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Aslog Kasau dan Pangkoopsau I, Wakapuslaiklambangjaau, Kadisopslatau, Kadisaeroau, Kadiskomlekau, Kadispenau dan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, serta Atase Pertahanan Udara RI untuk Singapura.

(jbr/dwia)