1.144 Polisi Kawal Pilkades di Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 19:16 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi (Ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Kabupaten Bandung -

Sebanyak 1.144 personel Polresta Bandung diterjunkan untuk mengawal keamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung. Gelaran Pilkades ini akan berlangsung pada 20 Oktober 2021.

Tercatat 49 desa dan 3 PAW di 23 kecamatan yang akan menggelar Pilkades. Kabag Ops Polresta Bandung Kompol Gandi Jukardi mengatakan masih ada beberapa tahapan jelang dimulainya pencoblosan. Di antaranya adalah masa kampanye, masa tenang, pencoblosan dan penghitungan suara.

"Di setiap tahapan kita lakukan pengamanan terbuka maupun tertutup. Pengamanan terbuka saat pelaksanaan kampanye, 14, 15, 16 Oktober kita libatkan sekitar 752 personel, personel kita disebar ke seluruh wilayah yang saat itu melaksanakan kampanye Pilkades. Kemudian kedua, pada saat masa tenang, kita gelar kegiatan dan jumlah yang sama," ujar Gandhi kepada detikcom di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung, Selasa (12/9/2021).

Saat hari pencoblosan dan penghitungan suara, menurut Gandhi, sebanyak 1.144 personil diterjunkan. Di setiap TPS, akan ada dua polisi. Selain itu, petugas akan dibantu pula oleh sejumlah anggota linmas dan personel TNI.

"Nah kemudian pada pencoblosan 20 Oktober 2021, sampai ke pelaksanaan rekap itu kita libatkan kurang lebih 1.144 personel. Itu sudah termasuk pengaman terbuka dan tertutup," ucap Gandhi.

Pihaknya pun telah memetakan sejumlah daerah yang dianggap rawan terjadi konflik. "Untuk di TPS pengamanannya kita bagi berbagai pola, ada rawan, kurang rawan dan tidak rawan. Jadi mungkin di wilayah rawan itu kita tempatkan di TPS 2 anggota polri, 2 linmas ditambah dari sebaran TPS kita bagi 2 zona. Di zona itu kita tempatkan satu pleton BKO dari Polda Jabar, Dalmas maupun Brimob," tutur Gandhi.

Lihat juga video 'Kereta Cepat JKT-BDG Kini Dibiayai APBN, PKS: Belum Tentu Manfaat':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)