Haris Azhar Ungkap Permintaan Rocky Gerung soal Damai dengan Sentul City

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 13:01 WIB
Rocky Gerung akhirnya memenuhi panggilan jaksa untuk menjadi saksi di sidang lanjutan Ratna Sarumpaet.
Rocky Gerung (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Rocky Gerung, Haris Azhar, mengkonfirmasi kabar kliennya Rocky Gerung dan pihak PT Sentul City Tbk (Sentul City) berdamai. Haris mengatakan kabar damai tersebut benar, Rocky disebut meminta kepada Sentul City agar menghormati hak warga.

"Benar (damai), Rocky minta Sentul hormati hak warga atas tanah dan lingkungan hidup," kata Haris Azhar saat dihubungi, Selasa (12/10/2021).

Haris mengatakan saat ini tengah berproses kesepakatan damai antara pihak Rocky dan Sentul City. Ia mengatakan gugatan yang sebelumnya sempat diwacanakan dilayangkan kedua pihak belum diproses di pengadilan.

"Belum didaftar (gugatan), masih proses ke BPN aja," katanya.

Haris tidak banyak bicara terkait proses perdamaian tersebut. Menurutnya, ada banyak faktor yang melatarbelakangi upaya perdamaian antara Rocky dan Sentul City.

"Ada banyak faktor," ujarnya.

Sebelumnya, PT Sentul City Tbk (Sentul City) berdamai dengan Rocky Gerung. Sebagai imbal baliknya, Sentul City menawarkan konsep green living ke warga sekitar.

Menurut Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk Basaria Panjaitan, konsep green living ini akan menciptakan keseimbangan lingkungan antara wilayah yang di-develop Sentul City dengan masyarakat yang menjadi tetangga Sentul City. Keseimbangan lingkungan ini akan melahirkan harmonisasi.

"Saya yakin apa yang ingin kami kembangkan ini sejalan dengan pemikiran para stakeholder yang banyak memberikan input kepada kami, termasuk Bapak Rocky Gerung, yang memiliki pemikiran futuristik terkait bagaimana membangun keseimbangan lingkungan. Konsep kampung hijau yang ramah lingkungan yang digagas Bapak Rocky Gerung sejalan dengan pemikiran kami," ujar Basaria dalam siaran pers kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Konsep ini akan terintegrasi dengan pengembangan lingkungan di Sentul City. Untuk itu, Sentul City akan mengalihkan segala sesuatunya, kebijakan dan praktik perusahaan, ke arah green living, sehingga terjadi mutual benefit dengan masyarakat dan lingkungan.

"Semua terintegrasi dalam master plan kami. Konsep green living ini menjadi bagian dari pengembangan bisnis kami ke depan" jelas Basaria Panjaitan.

Basaria menjelaskan kehadiran Sentul City harus memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat sekitar. Selain nilai tambah ekonomi dalam bentuk lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, juga peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

"Ini yang menjadi concern kita bagaimana lingkungan masyarakat, terutama bagi mereka yang benar-benar hidup di sana, tinggal turun-temurun, yang menjadi tetangga kita, bisa merasakan manfaat kehadiran Sentul City. Lebih maju kampungnya. Output-nya kualitas kehidupan masyarakat sekitar kita meningkat," papar Basaria, yang juga mantan pimpinan KPK.

Simak video 'Penjelasan Haris Azhar Soal Legalitas Tanah Rocky Gerung':

[Gambas:Video 20detik]