Round-Up

Babak Terbaru Kasus 'Ayah Perkosa 3 Anak'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 07:48 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Pada Senin (11/10), tim Bareskrim pun sudah bekerja. Tim Bareskrim mengecek kebenaran dari klarifikasi yang disampaikan Polda Sulsel soal langkah-langkah penyelidikan kasus diduga 'ayah perkosa tiga anak'. Pengecekan itu dimulai oleh tim Biro Wassidik per hari ini.

"Humas Polda Sulsel sudah memberikan klarifikasi atas viralnya berita tersebut. Kita cek saja apakah langkah-langkah penyelidikan yang dilakukan sesuai dengan klarifikasi yang sudah disampaikan oleh Polda Sulsel," ujar Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto saat dimintai konfirmasi, Senin (11/10/2021).

Cari Bukti Baru

Polisi mempersilakan sejumlah pihak untuk menyerahkan alat bukti baru kepada Polri untuk didalami. Jika ada, polisi akan mendalami bukti baru itu.

Buntut meminta bukti baru itu, membuat Polri mendapat kritik. LBH Makassar selaku pendamping hukum korban kasus dugaan ayah perkosa 3 anak itu meminta polisi berinisiatif mencari bukti baru, bukan meminta korban atau pelapor menunjukkan bukti baru.

"Soal alat bukti kan sebenarnya kewenangan penyidik. Kami sudah memasukkan sejak gelar perkara di Polda Sulsel tahun lalu, sudah memasukkan dokumen-dokumen dan merekomendasikan ahli untuk diambil keterangannya," kata Staf Perlindungan Anak dan Perempuan LBH Makassar Rezky Pratiwi kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Polri pun lantas memastikan pihaknya aktif ikut mencari bukti baru. Polri menegaskan tidak menunggu pihak korban menyerahkan bukti baru.

"Ini kan karena dilaporkan, kemudian kami ingin mencari bukti baru atau novum. Ketika ada novum yang mendukung atau memenuhi unsur tindak pidana, tentu kami akan proses lanjut," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (11/10/2021).

"Tentu Polri tidak menunggu. Polri dalam hal ini Polres Luwu Timur yang dibantu Polda Sulsel terus menggali kasus yang sebenarnya dengan melihat kasus-kasus yang sudah. Jadi kami tidak hanya menunggu. Tapi Polres Luwu Timur dan Polda Sulsel juga bekerja secara aktif untuk mengungkap kasus ini," tuturnya.

Sang ayah yang merupakan terduga pelaku membantah memperkosa 3 anaknya. Simak di halaman selanjutnya.