Taman Marga Satwa Ragunan Segera Dibuka Bertahap Saat PPKM

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 18:49 WIB
Taman Margasatwa Ragunan belum beroperasi. Warga belum bisa berolahraga outdoor di lokasi (Firda Cynthia/detikcom)
Taman Margasatwa Ragunan (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), belum dibuka untuk umum. Pemprov DKI Jakarta menargetkan kebun binatang ini bisa segera menerima pengunjung lagi.

"Hari ini saya meninjau Margasatwa Ragunan. Ini kebun binatang yang paling luas kedua di dunia dengan luas 147 hektare. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi Ragunan bisa dibuka untuk umum sekalipun secara bertahap belum diperkenankan untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Masih menunggu, mudah-mudahan tidak lama lagi," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Ragunan, Jaksel, Sabtu (9/10/2021).

Riza mengatakan pihaknya masih memantau perkembangan kasus Corona di DKI sebelum memutuskan membuka Ragunan. Dia mengatakan persiapan dilakukan sambil merenovasi sejumlah bagian di Ragunan.

"Memang kita masih di level 3. Ini kita sedang lihat persiapannya untuk dibuka, kemudian untuk dikembangkan, dilakukan revitalisasi, supaya kebun binatang ini juga bisa menjadi hutan kota dan menyimpan air di sini," ujarnya.

Riza mengatakan ada sejumlah waduk di Taman Margasatwa Ragunan yang sedang dalam proses pengerukan. Waduk tersebut dikeruk agar dapat menampung air saat musim hujan.

"Tadi kita lihat di sini ada waduk-waduk dan juga proses pengerukan persiapan musim hujan yang harus kita hadapi, maka debit air meningkat. Jadi daya tampung waduk harus ditingkatkan. SDA juga mengupayakan adanya pengerukan untuk menambah volume waduk yang ada di kebun binatang," tuturnya.

Riza mengatakan pihaknya telah menyiapkan protokol kesehatan jika Ragunan dibuka lagi. Salah satunya, kata Riza, penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi para pengunjung.

"Berbagai protokol kesehatan sudah disiapkan, aplikasi PeduliLindungi, nanti pada akhirnya setelah siap akan kita buka," imbuhnya.

Seperti diketahui, Taman Margasatwa Ragunan tutup sejak Selasa (22/6). Penutupan dilakukan setelah DKI Jakarta menerapkan PPKM darurat yang kemudian berganti menjadi PPKM level 4.

(haf/haf)