Pemkot Tangsel Periksa Sampel Air Cisadane yang Tercemar Limbah Merah

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 12:39 WIB
Sungai Cisadane di Tangsel Tercemar Limbah Berwarna Merah
Sungai Cisadane berwarna merah (Screenshot video viral/Istimewa)
Tangerang Sellatan -

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menginvestigasi pencemaran limbah berwarna merah di Sungai Cisadane. Sampel air dari Sungai Cisadane masih diperiksa di laboratorium.

"Iya masih diselidiki sambil nunggu hasil dari laboratorium lingkungan," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Tangerang Selatan, Budi, saat dimintai konfirmasi, Selasa, (5/10/2021).

Dia mengatakan pihaknya butuh beberapa hari untuk mengetahui asal-usul limbah merah tersebut. Budi belum memberi penjelasan detail apakah limbah merah itu berkontribusi terhadap pencemaran sungai atau tidak.

"Butuh waktu beberapa hari untuk mengetahui apakah warna merah yang dibuang berkontribusi terhadap pencemaran air Sungai Cisadane atau tidak," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan Toto Sudarto mengatakan pencemaran limbah yang terjadi di Sungai Cisadane juga sedang ditangani Satpol PP Tangsel. Sampel air sungai dan cairan berwarna merah yang mengalir di Sungai Cisadane juga sedang diuji di laboratorium.

"Sedang ditangani Pol PP, di kami sedang uji lab," jelas Toto.

Dia mengatakan butuh waktu sekitar satu minggu untuk mengetahui hasil pemeriksaan sampel air Sungai Cisadane dan cairan berwarna merah dari uji laboratorium.

"Paling cepat 1 minggu," kata Toto.

Sebelumnya, salah satu video viral di media sosial memperlihatkan aliran Sungai Cisadane di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, tercemar limbah berwarna merah. Cairan merah tersebut tampak mengalir dari sebuah selokan di pinggiran sungai.

Dalam video tersebut, tampak air Sungai Cisadane yang berwarna cokelat itu tercemar dengan cairan berwarna merah. Cairan tersebut diduga berasal dari limbah pabrik.

"Pencemaran Kali Cisadane, tolong pemerintah setempat diperhatikan. Ini ya dari pabrik pengolahan plastik, membuang limbah berwarna merah kaya begini nih," ujar seorang pria dalam video yang dilihat detikcom, Senin (4/10).

Tampak dua pria dalam video tengah memagang alat pancing di pinggiran sungai. Salah seorang pria tampak memegang ponselnya sambil memotret kondisi sungai yang tercemar cairan berwarna merah tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (4/10), pukul 12.30 WIB, dari pinggiran Sungai Cisadane tidak tampak ada cairan berwarna merah yang diduga limbah tersebut. Air sungai saat terlihat berwarna cokelat.

Sejumlah warga tengah memancing di lokasi. Mereka tampak duduk di sebuah bangunan yang terbuat dari bambu yang berada di pinggiran sungai.

Di sekitar lokasi terlihat sebuah tempat pengelolaan sampah plastik. Tampak ada sebuah pipa berwarna putih dari tempat pengelolaan sampah itu yang mengarah ke sebuah selokan yang langsung mengalir ke Sungai Cisadane.

(haf/haf)