Polisi Selidiki Pencemaran Limbah Berwarna Merah di Kali Cisadane

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 15:30 WIB
Sungai Cisadane di Tangsel Tercemar Limbah Berwarna Merah
Kali Cisadane tercemar limbah warna merah (Screenshot video viral/Istimewa)
Tangerang Selatan -

Sungai Cisadane di Serpong, Tangerang Selatan, tercemar limbah berwarna merah. Polisi pun turun tangan melakukan penyelidikan.

"Kita sedang melakukan penyelidikan beberapa orang akan kita mintai keterangan dalam rangka klarifikasi penyelidikan," ujar Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan AKP Angga Surya Saputra kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Angga menyebut pihaknya telah mengambil sejumlah sampel di lokasi, termasuk air dan beberapa sampah di lokasi. Dia mengatakan terdapat tempat usaha pencucian sampah plastik di sekitar lokasi.

"Beberapa sampel sudah diambil, baik sampah yang dicuci. Jadi tempat ini adalah lokasi pencucian sampah. Sampel berupa air sungai sudah kita ambil," tutur Angga.

"Mereka mengumpulkan sampah sampah plastik dari pengepul-pengepul perusahaan dan perorangan untuk dicuci dan dijual kembali," lanjutnya.

Asal Warna Merah

Angga mengungkapkan, cairan berwarna merah tersebut diduga berasal dari sampah-sampah yang dicuci tempat pencucian sampah tersebut. Sebab, tempat pencucian tersebut tidak menggunakan bahan kimia yang bisa menimbulkan warna merah.

"Warna merah berasal dari sampah yang diambil dari luar pengepul-pengepul," ujar Angga.

"Jadi bukan mereka menyiapkan adonan atau bahan kimia yang menyebabkan warna merah. Tapi berasal dari sumber sampah, tapi kita akan lakukan penyelidikan itu dulu ya," sambungnya.

Sebelumnya, viral video di media sosial memperlihatkan aliran Sungai Cisadane di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, tercemar limbah berwarna merah. Cairan merah tersebut tampak mengalir dari sebuah selokan di pinggiran sungai.

Dalam video tersebut, tampak air Sungai Cisadane yang berwarna cokelat itu tercemar dengan cairan berwarna merah. Cairan tersebut diduga berasal dari limbah pabrik.

"Pencemaran Kali Cisadane, tolong pemerintah setempat diperhatikan. Ini ya dari pabrik pengolahan plastik, membuang limbah berwarna merah kaya begini nih," ujar seorang pria dalam video yang dilihat detikcom, Senin (4/10/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.