Kali Cisadane Tercemar Limbah Berwarna Merah, Begini Kondisinya Sekarang

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 15:02 WIB
Sungai Cisadane di Tangsel
Sungai Cisadane di Tangsel (Rakha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Viral video di media sosial memperlihatkan aliran Sungai Cisadane di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, tercemar limbah berwarna merah. Cairan merah tersebut tampak mengalir dari sebuah selokan di pinggiran sungai.

Dalam video tersebut, tampak air Sungai Cisadane yang berwarna cokelat itu tercemar dengan cairan berwarna merah. Cairan tersebut diduga berasal dari limbah pabrik.

"Pencemaran Kali Cisadane, tolong pemerintah setempat diperhatikan. Ini ya dari pabrik pengolahan plastik, membuang limbah berwarna merah kaya begini nih," ujar seorang pria dalam video yang dilihat detikcom, Senin (4/10/2021).

Tampak pula 2 orang pria dalam video tengah memagang alat pancing di pinggiran sungai. Salah seorang pria tampak memegang ponselnya sambil memotret kondisi sungai yang tercemar cairan berwarna merah tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, pada Senin (4/10/2021), pukul 12.30 WIB, dari pinggiran Sungai Cisadane tidak tampak ada cairan berwarna merah yang diduga limbah tersebut. Air sungai saat ini terlihat berwarna cokelat.

Terlihat sejumlah warga tengah memancing di lokasi. Mereka tampak duduk di sebuah bangunan yang terbuat dari bambu yang berada di pinggiran sungai.

Sungai Cisadane di Tangsel Tercemar Limbah Berwarna MerahSungai Cisadane di Tangsel Tercemar Limbah Berwarna Merah (Screenshot video viral/Istimewa)

Di sekitar lokasi terlihat sebuah tempat pengelolaan sampah plastik. Tampak ada sebuah pipa berwarna putih dari tempat pengelolaan sampah itu yang mengarah ke sebuah selokan yang langsung mengalir ke Sungai Cisadane.

Cairan Merah Beraroma Busuk

Seorang warga berinisial G (30) yang tengah memancing menyebut, cairan warna merah tersebut mengalir pada Sabtu (2/10) lalu. Dia berujar, cairan tersebut menimbulkan aroma yang tidak sedap.

"Parah itu mah. Bau," ujar G saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (4/10).

Sungai Cisadane di TangselKondisi Sungai Cisadane di Tangsel hari ini (Rakha/detikcom)

Bahkan G mengatakan cairan yang diduga limbah tersebut tidak cuma berwarna merah. Cairan itu kata G mengeluarkan tampak berbusa.

"Beda-beda keluarnya. Kadang-kadang merah kadang-kadang cokelat. Warna-warni beda. Kadang busa," terang G.