Respons MenPAN-RB Namanya Dicatut di Kasus CPNS Bodong Anak Nia Daniaty

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 17:49 WIB
Tjahjo Kumolo (Andhika Prasetia/detikcom)
Tjahjo Kumolo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo merespons dugaan pencatutan namanya di kasus CPNS bodong yang melibatkan anak Nia Daniaty, Olivia Nathania. Tjahjo Kumolo menegaskan tidak kenal Olivia Nathania.

"Apalagi mengaku-aku keluarga saya, tidak benar dan saya tidak kenal," ujar Tjahjo Kumolo dalam pesan tertulis kepada detikcom, Sabtu (2/10/2021).

Lebih lanjut Tjahjo Kumolo menyerahkan proses hukum terkait pencatutan namanya itu ke aparat kepolisian.

"Saya serahkan kepada kepolisian untuk memprosesnya," imbuhnya.

Tjahjo Ingatkan Jangan Percaya Calo

Tjahjo juga menanggapi perihal dugaan penipuan seleksi 'jalur prestasi' CPNS yang ditawarkan oleh Olivia Nathania. Tjahjo mengingatkan masyarakat untuk tidak mempercayai calo.

"Kementerian PAN-RA dan BKN (Badan Kepegawaian Negara) selalu menyampaikan terbuka setiap tahun, selalu ada saja calo-calo CPNS dan sudah terus diingatkan jangan percaya calo," tegas Tjahjo.

Tjahjo kemudian mengungkapkan sudah banyak calo yang diringkus polisi terkait seleksi CPNS. Tahun ini, kata Tjahjo, calo marak kembali.

"Tahun 2020 jaringan calo juga sudah diringkus Polda Metro dan di beberapa daerah, tahun ini muncul calo-calo lagi," imbuhnya.

Untuk itu, Tjahjo kembali mengingatkan agar masyarakat tidak mempercayai calo. Sebab, seleksi CPNS dilakukan dengan transparan dan terbuka. Kepada masyarakat yang sudah jadi korban, Tjahjo mengimbau untuk segera lapor polisi.

"Saya minta CPNS/orang tuanya yang jadi korban secepatnya lapor ke polres/polda agar laporan tersebut diproses. Sebagai MenPAN-RB, saya menyerahkan sepenuhnya pihak kepolisian untuk membongkar jaringan calo CPNS ini," tuturnya.


Simak pengakuan korban penipuan CPNS di halaman selanjutnya

Simak Video: Ada Cuplikan Anies Baswedan di Pelantikan CPNS Bodong Anak Nia Daniaty

[Gambas:Video 20detik]