Round-Up

Alasan Warga Percaya Kebangkitan PKI: TKA China dan Serangan ke Ulama

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 07:35 WIB
Rico Marbun
Rico Marbun (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Survei mengungkap alasan warga percaya dengan isu kebangkitan PKI. Alasan itu adalah masuknya TKA China hingga serangan kepada ulama.

Survei itu dilakukan oleh lembaga survei Median. Hasilnya sebanyak 46,6 persen responden masih percaya dengan isu kebangkitan komunis atau PKI.

Metode Survei

Survei yang dilakukan Median ini mengenai persepsi publik atas isu PKI. Survei dilakukan pada 19-26 Agustus 2021 dengan metode survei multistage random sampling dan proporsional terhadap 1.000 responden.

Survei memiliki margin of error sebesar kurang-lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei, responden diberi pertanyaan 'Seberapa percaya Anda tentang isu kebangkitan komunisme (PKI) di Indonesia?'

Hasil Survei

Hasil survei ini menunjukkan sebanyak 17,9 persen sangat percaya isu kebangkitan PKI, 28,5 persen percaya, tidak percaya 31,5 persen, sangat tidak percaya 13,5 persen dan tidak tahu 8,6 persen.

Dengan demikian total responden yang percaya akan kebangkitan PKI 46,4 persen. Sedangkan 45,0 persen mengaku tidak percaya.

Lihat juga video 'Saksi Mata Pembantaian Korban PKI di Geyer Grobogan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut